Job Appraisal 2010

Hhhhmmm ( tarik nafas dalam-dalam)….

Sebelum istirahat aku dipanggil bos. Aku pikir urusan kerja, e… ternyata soal penilaian kerja. Mangkane sebelumnya dia minta pintu ruang suruh nutup rapat. Sebelum menjelaskan satu-satu nilai yang udah dia kasih, dia nanya “ what ‘s your feeling?” Aku jawab “ whatever, not many changes”.

Sambil dia jelaskan apa yang sudah aku ‘lakukan’ selama ini, aku lihat lembaran itu ada banyak bertebaran nilai 8 dan 7, dan satu pos ‘responsibility to job’ dinilai 9.

Sayang mataku jadi sepet lihat 2 pos dinilai 6. Yaitu untuk pos absensi / kehadiran dan positive thingking. Hah???

Absensi

Dalam penjelasannya memang dia menilai aku buruk dalam hal kehadiran. Aku pun ngeles klo banyak gak masuk itu adalah changed off, juga aku bilang “ so next time if i have overtime, i’ll charge it for off directly not partially as before” dia pun berargumen dengan mengatakan kadang aku tiba-tiba sms tidak masuk. Ouh, apa karena itu yah?

Yang jelas bos sih taunya aku sering gak masuk. Secara itunganku walaupun mendadak dengan tanda tangan menyusul, toh tetep masuk pos cuti atawa change off. Nggak sampe kategori bolos. Kadang memang sakit aku pakai surat dokter. Seringnya malah ngempet walo sakit karena ada rencana cuti. Kayanya emang si bos nggak suka aku ngambil hak secara penuh. Harusnya aku lebih loyal kali yah….

Saking penasarannya pas cuti akhir taun kemarin dia bilang aku no 2 paling banyak gak masuk, lalu aku tanyakan hrd berapa rekapku nggak masuk. Sakitku terhitung 4x event (only?).

*yang pertama 5 hr sakit karena typus yang harus stay in hospital. Gara-gara : kebanyakan lembur ‘coz audit pajak. Nyiapin reconcile yg diminta fiscus yang ruuumit wal bikin mumet.

*selang 1,5 bln selanjutnya kena inveksi usus terhitung 2 hari . Padahal hari-1 aku masih masuk kantor, paginya abis dari dokter tapi nggak mau dikasih surat istirahat. Trus ternyata di kantor menggigil dan nggak kuat, baru ijin pulang. Dan dia gak pke ngitung nilai perjuanganku masuk walau kondisi sakit!!

*lalu 1x pas gigiku bengkak . Keliatannya sepele, tapi bukankah lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi?

*dan 1x lagi karena batuk berat suara habis tenggorokan radang (sampe sungkan kalo gug gug terus di mobil, ada salah satu anggota lyn kantor yg rentan ketularan, setiap terjangkit dia berobat bisa sampe diatas 400rebu. Kan aku merasa bersalah klo nggak mengistirahatkan diri? Malah kadang aku bela-belain nggak bareng lyn-ku (yg mobilnya aja ditaruh di rumahku—bayangin?, aku malah ikutan jalur lyn lain yang anggotanya lebih permisif ama orang yg sakit batuk. Mending minta jemput suami dari pada tambah sakit gara2 ngempet untuk tidak batuk

Lalu cutinya yg kuambil adalah 3 hari ( tinggal sgini karena udah diutang di tahun2 sebelumnya).

Selainnya terhitung sebagai change off, tidak ada data jumlah hari di hrd karena anggapannya ini adalah impas2-an jam lembur.

Too many days kah? So, what should to do??

Postive thinking

Rada nggak ngerti juga sih sebenarnya apanya yang dinilai dalam pos itu. Tapi kayaknya penekanannya si bos adalah ke urusan attitude-ku, bahasa-ku, cara aku berstatement… bla bla. Dia menilai cara aku menyampaikan kurang ‘sopan’ juga rada kasar (ini kesimpulanku karena aku sendiri yg underline waktu dia mengilustrasikan kekuranganku ini).

Aku menilai memang aku lumayan ‘berani’ kali sama bos-bos india, kalau aku nggak suka akupun langsung mengutarakannya, jika nggak cocok aku akan menyampaikannya. Rata2 ditempat kerjaku sebelumnya juga begitu, anak-anak menilainya aku terlalu berani memprotes ‘ketidakberesan’, padahal senior diatasku aja bisanya mantuk mantuk. Syukurnya aku tidak ada masalah ama bahasa inggris jadi apa aja yang aku uneg2kan yah nrocos langsung. Kadang aku pikir kata-kataku dalam email mungkin terlalu sharp alias sinis jika jengkel jika tidak ada solusi dari para bos. But, that’s i am.

Walopun begitu, dia mengunderline agar aku tetep as fighter dan tidak kehilangnya sharpness dalam melakukan controlling. Pun saat belum ada solusi dari atasan, dia harap aku lebih sabar.

Yang paling bikin kepikiran adalah nilai absensi. Hu uh.

Terakhir, hamba di-sanguni tambahan pekerjaan baru selain yang sekarang. Nggak asing sebenarnya, karena aku dah hafal ama makanan akunting for controlling any post. Aku cuman bilang “ i’ll not say anything, but i’ll try”

Advertisements

2 Responses so far »

  1. 1

    goodfron said,

    koq ada point penilaian positive thinking ya? baru kali ini tau…. hhhmmmm..hhmmmm… “jangan gadaikan kemerdekaan hanya demi rasa aman dan nyaman”… rezeki ndak disitu doang 🙂

  2. 2

    inacw said,

    baru denger yah? Tau aku juga lupa dulu2 apa ada pos itu. Bener, rejeki ditangan-Nya, nggak disitu aja.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: