Cerita Dari Anggana, I miss that much

Hari minggu kemarin, aku dateng di undangan memasuki rumah baru Bos perusahaan udang Syam Surya Mandiri dari Kutai Kartanegara Samarinda.

Waktu Pak Jumadi menyampaikan undangan ini di status FB-nya, aku sempet heran juga ” lho, koq memasuki rumah baru? Bukannya beberapa tahun lalu Pak Haji udah punya di Surabaya? kan disitu juga? Apa beli lagi kali?”. Dalam hati, ah apalah yang nggak mungkin buat beliau, lawong duit  tinggal nyerok .

Bener ternyata rumah yang lama sekarang dipakai jadi kantor. dan yang sekarang beli tanah dibangun sendiri. nggak kebayang berapa duit yah beli tanah di jalan raya utama gitu…


Aku yakin beliau adalah pengusaha udang terbesar di kaltim. Terutama usaha pembelian-nya. Selain untuk memasok peusahaan coldstorage beliau sendiri, juga memasok di banyak perusahaan udang lainnya di kalimantan dan jawa.

 

Setelah itu, aku langsung gerilya nyari temen-temen seperjuangan lainnya. Tidak semua teman ex-SSM yang selalu update FB, jadi sekalian nyari bolo, so aku sms-in atau email mereka satu-satu.  Itupun karena aku-nya udah tit janjian datang ama Mbak Yatmi. Ada perasaan semangat untuk datang di acara ini karena bisa sekaligus sebagai ajang reuni teman-teman yang sama-sama  pernah ditugaskan di Samarinda.  



Masih terasa keramahan keluarga Pak Haji, perlakuan welcome-nya waktu itu, serta kemurahan mereka yang seringkali ‘menjamu’ kami. Ada ke keluarga beliau yang punya hajat, semua disuruh datang, ada yang punya baby, datang, buka puasa-lah, acara ini itu lah…. Selalu makan-makan… belum lagi seringnya makan siang ditraktir ama Putri beliau. Maklum kita anak perantauan, ngere.


Yah, dulu di sekitar pertengahan tahun 2002 perush kami  PT. GGWI ( Coldstorage/ Exportir Udang) bekerja sama dengan PT. SSM, perusahaan milik Pak Haji Mangkana yang baru saja berdiri. Operasional dimulai bersama managemen GGWI. Kami dari Surabaya babat alas ditugaskan menjadi Trainer sekaligus untuk sementara memimpin staf-staf yang sudah disiapkan disana.  

 

Awalnya ada sekitar 8 orang masing-masing untuk departemen Purchasing  Bahan Baku juga General Items, Production, QC, Lab, IT dan HRD. Aku sendiri kebagian Finance Accounting. Ditambah lagi ada sejumlah anak-anak karyawan produksi yang sudah expert bagian sortis dan sizing udang. Juga 2 orang tambahan dari GGWI Tarakan. 


Di beberapa bagian, ada yang sengaja dikontrak untuk jangka waktu yang lama dan ada yang memang hanya beberapa bulan untuk operasional awal saja. Aku sendiri nggak sampe setahun. Teori awal sih untuk 3 bulan tapi sudah bisa ditebak pasti diulur. Nah berhubung hari-H aku sudah jelas, aku pun bisa pulang H-11 sebelum acara pernikahanku dan setelah itu kembali bekerja di kantor Surabaya.

 

Rasanya banyak sekali kenangan dan cerita waktu kita disana. Pernah bareng-bareng merasakan susahnya jadi perantauan.

Belum lagi perjuangan menghadapi orang-orang yang kurang
pro ama kita, our managemen way. Satu kawan ‘sakit’, semua ikut merasakan. Lumayan kompak dan menjadi seperti saudara sendiri. Bagaimana tidak, disana kita tinggal serumah. Kemana-mana bersama. Bersama merasakan tidak nyamannya tinggal di Mess kantor yang jauh dari pusat
kota samarinda. Memang seakan kita tidak punya kehidupan ‘pribadi’ sendiri karena ‘kebersamaan’ dan fokus pekerjaan ini. Huh, bagaimanapun disanalah banyak pengalaman berharga yang menjadikan kita semakin tahan banting serta lulus untuk dijadikan The A Team

Jadi kangen makan siang di kantin terapung-nya belakang pabrik, dengan memandangi keindahan bentangan sungai Mahakam…. Sambil melihat kapal tongkang pengangkut batu bara berlalu . 

 

Kangen melewati naik turunnya jalanan berbukit jalur antara Perumahan Sambutan – Anggana, gunung-gunung ber-batu bara itu….. Pasar di sungai Dama, Mall Lembuswana, SCP, Pasar Citra….. Dan yang terutama adalah tepian Mahakam!! Kangen juga menyusuri Sungai mahakam menuju tambak-tambak yang maha luas…. 

Advertisements

5 Responses so far »

  1. 1

    bundananda said,

    Kangen Samarinda yaaa?hehe.Btw, itu yg acara apapun ngundang2 emg kebiasaan org sini…bahkan meski udah bukan tmn sekantor ato malah cm ketemu di angkot trus s4 tukaran no.hp…

  2. 2

    bundananda said,

    Kalo org Jawa,makan ga makan asal ngumpul.Kalo org Smd, tiap makan2 harus ngumpul hehehehe,

  3. 3

    miftamifta said,

    Apa kbr mbk? Pinarak sekedhap:)

  4. 4

    andal15 said,

    Aku blm pernah merantau, pengen rasanya ngalamin jd anak perantauan, hehehe..

  5. 5

    inacw said,

    @Mb Siska : ho oh beneran orang2 SMD sangat baik, kekeluargaannya kental. kebetulan keluarga pak haji dari bugis sih. kayaknya mereka juga nggak medit/kikir.@Mb Anik : baik mbak, silahkan…@Mb Vivie : iya mumpung waktu itu masih muda, seneng aja nyari pengalaman yang berbeda. biar menjadi warna kehidupan.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: