Panen Pisang

Baru sadar ada yang aneh ngelihati taman di belakang rumah yang terkesan padang. E’e…. Langsung ketahuan kenapa. ” Bude, pisangnya udah ditebang ta? Tiwas mau aku poto dulu lha koq kedhisik’an…”Eman banget hiks hiks….

Aseli berbuah yang kali ini bener-bener buanyak nyak. Tetep gede-gede kaya sebelumnya. Dari pertama, onthong-nya aja sudah kelihatan dan bisa ditebak pasti buahnya besar. Sayang di masa akhirnya, kehilangan momen untuk diabadikan.

Hari sebelumnya putera si bude (my art) datang. Ternyata waktu balik kemarin itu pisang dibawakan sebagian buat acara selamatan di desa. Memang dari jauh jauh hari, beberapa bulan sebelumnya bude udah abang-abang lambe pisang ini mau diminta buat selamatan. Tapi yah nggak ngerti juga klo puteranya kesini tuh dalam rangka yang ini.

Sebenarnya bukan masalah si bude nggak ijin, sayang aja belum sempet ngejeprett. lawong klo waktunya panen kita malah kebingungan mendistribusikannya. Pusing mau dikasih ke sapa, iya klo suka. Tetangga sih rata selalu kebagian. Sodara-sodara yang mau juga kita anterin. Tetep mash sisa banyak, udah deh diserahin bude buat bagi-bagi ke siapa aja, terserah.

Berkali-kali panen, aku malah nggak nyicipi sama sekali. Males n wegah maemnya, body buahnya se-gede itu….. Menghabiskan satu biji, klenger deh kekenyangen. Apalagi aku yang nggak begitu hobi pisang buah. Klo udah dikasih value added kaya pisang goreng, cake pisang, ya mau bangeutz. So, cuman seneng ngeliatnya doank.

Rasanya sebenarnya enak koq, lembuuuut banget. Beneran. Sangat cocok buat adik bayi.

Ceritanya kami dapetin bibit pisang ini dari tetangga sebelah. Nggak minta tiba-tiba disodori. Katanya dia nanam tapi nggak bisa bagus. Si tetangga bilang sih ini jenis pisang cavendish. Cuman sampe sekarang rada-rada nggak yakin apa bener cavendish yang lumayan mahal di supermarket itu? Atau cuman pisang ijo ataw jenis pisang ndeso lainnya?

Temen-temen yang pernah aku bawain pas panen akhir maret kemaren, rata-rata mereka terkesima lihat gede-nya. Geedhe dan panjaaaang nglebihi yang sekarang. Bahkan sama temen IT-ku, itu pisang beberapa hari dipajang di mejanya buat dipamerin temen lain yang datang ke ruangannya.

Temenku setuju memang mirip banget ama cavendish… malah katanya waktu itun ada yg nanya kog kaya sunpride ya…anyway, dia bilang “termasuk bibit unggul iki, guuuuuedheeee…!”

Waktu itu bela- belain digoogling-in temen juga. Dan baru tau ternyata cavendish tuh banyak sekali macemnya plus warnanya. Kebetulan yang aku punya lebih kehijauan, sedangkan yang di supermarket seringnya yang warna kuning. Mudah-mudahan emang bener cavendish, kan katanya manfaatnya sangat baik plus sebagai obat.

Well, panen kali ini sekitar 12-an sisir/cengke. Ukuran 1 cengke besar 20 biji. Byuuuu buanyak yah… Mash bingung planning dibagi ke siapa aja enaknya. Bersyukur ada temen kantor yang maniak pisang, jadi ntar ada solusi pembuangan akhir. Tapi yah jelas dia bakal dapat jatah. Apalagi si temen lagi hamil, jadi yah lumayan bisa urun nutrisi buat si janin. Malahan dia nampung dengan membeli pisangku itu. Walah. Pek-pek’en, aku nggak begitu doyan.

tapi si kecilku Fahmi juga doyan banget deh. ada 3 biji yang sudah masak, langsung dilahap lhepp.

Alhamdulillah pisang-pisangku terus berbuah. Enggak kehitung deh berapa kali sudah panen pisang sejak ditanam sekitar 2003-an. Satu berbuah, muncul anak, berbuah lagi, manak lagi… terus dan terus.

ini nih hasil cam setelah pisangnya terpotong. *maap ada yang s
alah setting tahun.

Semoga berbuah seterusnya. ….

Advertisements

6 Responses so far »

  1. 1

    nitafebri said,

    huaaa banyak bgt itu pisangnya…begitu berbuah, ada lagi anaknya yg numbuh

  2. 2

    bundel said,

    Iya mbak, itu cavendish. Di luar negeri sana ada dua warna juga kok. Kuning ada, hijau ada. Digoreng juga enak, ini resepnya ada di http://jandra22.multiply.com/recipes/item/22/PISANG_GORENG_BANANA_FRITTERS. Ini pisang yang biasa digoreng ibu-ibu Indonesia kalau di luar negeri sana. Semakin pisang itu tua, semakin manis madu dan jadi agak-agak basah hasil gorengannya, tapi dijamin enak sekali!Maaf ya saya bawa nyebrang ke site saya satunya lagi hehehehe………

  3. 3

    inacw said,

    nitafebri said: huaaa banyak bgt itu pisangnya…begitu berbuah, ada lagi anaknya yg numbuh

    itulah asyiknya nanam pisang Mbak Nit, nggak bakal berakhir. sebelum berbuah pasti dah nyiapin tunas. punya tanaman pisang dirumah nggak?

  4. 4

    inacw said,

    bundel said: Iya mbak, itu cavendish. Di luar negeri sana ada dua warna juga kok. Kuning ada, hijau ada. Digoreng juga enak, ini resepnya ada di http://jandra22.multiply.com/recipes/item/22/PISANG_GORENG_BANANA_FRITTERS. Ini pisang yang biasa digoreng ibu-ibu Indonesia kalau di luar negeri sana. Semakin pisang itu tua, semakin manis madu dan jadi agak-agak basah hasil gorengannya, tapi dijamin enak sekali!Maaf ya saya bawa nyebrang ke site saya satunya lagi hehehehe………

    iya kah Bun? selama ini saya mikirnya pisang goreng tuh hanya yang dari pisang yang yang buahnya ‘keset’ aja. makasih banyak, dicoba ah.

  5. 5

    inacw said,

    bundel said: Ini pisang yang biasa digoreng ibu-ibu Indonesia kalau di luar negeri sana.

    mau nyariin pisang kepok atau pisang raja masalahnya pasti susah juga.

  6. 6

    bundel said,

    inacw said: mau nyariin pisang kepok atau pisang raja masalahnya pasti susah juga.

    Ada juga yang jual pisang tanduk, tapi kita milih cavendish yang banyak di supermarket. Pisang tanduk harus ke pasar, masih muda pula, jadi mesti diimbu biar mateng dulu. Biasanya yang makan orang kulit hitam, sebagai makanan pokok, yang muda itu dipotong-potong, dikukus, dimakan dengan kelapa parut.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: