Latihan Pake Korset

Sejak kemaren, aku memakai korset. Byuhh udah lama nggak pakai ternyata pinggang – punggung rasanya kaku banget. Badan kayak ditopang ama kayu deh. Belum lagi perut berasa sesak, sebah-sebah gimana gitu. Posisi duduk terpaksa harus kenceng, dilarang nyekukruk dari pada kecocok plastic penopangnya. Jadi keinget masa-masa melahirkan. Tapi nggak pa-palah mungkin masih perlu sedikit penyesuaian aja.

Well, alasan kenapa aku harus mulai berpikir untuk pake korset adalah setelah sadar perutku sering gak beres. 3 hari kemarin perut bawah terasa nyeri-nyeri. Aku pikir sih masuk angin terus aku kerok’i, tapi yah masih nggak enak. Aku coba minum obat maag e’e tetep. Baru sadar kan aku punya sisa Spasminal obat dari dokter waktu aku sakit perut nglarani kayak mau melahirkan. Sakit nyeri perut bawah tersebut banyak yang bilang mungkin itu kengser. Tapi dokter sih nyebutnya “kram perut”.

Alhamdulillah kemarin habis minum itu obat, terasa enakan. Berarti, kemarin kram lagi ta ceritanya? Aku lupa pemicunya apa kemarin itu.

Biasanya sih penyebabnya campur aduk antara karena kecapekan,masuk angin, telat makan plus sedikit nahan pipis bisa menjadi kambuh begitu. Aku pun mulai kepikiran “kenapa nggak pake korset aja yah”? Kan tukang pijetku bilang kengser/kram perut adalah karena posisi madaran (rahim) yang turun diakibatkan terlalu capek. Nah mungkin dengan dibantu korset, maka isi perutku nggak banyak molak-malik ataupun ‘turun’.

Seingatku, sudah 3 kali aku kram perut parah, tidak termasuk kemarin. Kemarin hanya nyeri-nyeri nggak enak. Klo yang sangat parah adalah seperti konstraksi mau melahirkan yang berulang sekitar 2-3x dalam 1 menit, terus terusan. Kentut tidak bisa keluar. Behh asli sakit banget sampek mlungker-mlungker.

Pertama kali kena awal 2008. Aku inget sekali waktu itu pas mendekati jam pulang kantor aku dipanggil Bos. Padahal pas sedang kebelet pipis. pikirku sih paling sebentar aja, sekalian nanti pipisnya, lawong emang mau pulang. Setelah itu pulang rasanya perut mulai nyeri, tapi tidak seberapa. Tapi setelah jam 9 maleman, nyeri semakin menjadi jadi. Badan panas dingin gak karuan. Pas kejadian itu nggak langsung ke dokter, cuman usaha minum obat maag dan pereda nyeri aja. Sampe bela-belain beli korset baru karena nyari-nyari korset lama nggak nemu.

Berhubung sebelumnya aku tidak pernah punya riwayat sakit maag, maka sedikit ada yang nggak beres di perut biasanya aku bingung mendiagnosa untuk pertolongan obat bebas permata. Belum ngerti klo maag itu rasanya kayak apa, trus kengser itu yang seperti apa. Baru jelas berasumsi mungkin kengser adalah setelah merasakan yang pertama itu.

Kejadian kambuh kedua yang aku ingat adalah saat awal2 bekerja di perusahaan yang sekarang. Masih di tahun yang sama, 2008. Ya gitu awalnya perut bawah plus dada terasa nggak enak. Pikirku mungkin capek masuk angin. Pulang kerja sampai sekitar 18.40-an. Akhirnya waktu itu aku putuskan langsung ke ibu tukang pijet aja wes. Biar sembuh.

Sayangnya perut belum aku isi, pikirku makan malemnya setelah selesai pijet aja dan aku ganti nyemil-nyemil kripik yang aku beli dari warung sebelah ibu pijet. Walah, lha koq setelah pulang pijet malah kesakitan, kram perut persis yang pertama. Semalam suntuk mulesnya. Baru jam 3-an pagi nggak tahan lagi minta anter ke UGD.

Kejadian parah yang ke-3nya adalah pas malam takbiran lebaran tahun lalu. Pembantu sudah pulang, suami masih masuk kerja, jadilah momong anak sendirian . Dirumah ngurusi 2 jagoan kecil yang rame terus, nyuapin juga rewel plus masih juga sempet-sempetin bikin beberapa resep kue sendirian tanpa ada yang bantu, walhasil setelah dhuhur perutku suuuwakit. Puol.Tetep aku tahan sakitnya dengan tidak membatalkan puasa, karena aku ngeman itu adalah hari terakhir puasa. Jadi deh malem itu semua pada takbiran aku malah harus ke UGD (lagi).

dulu setelah melahirkan yang ke-2, sempet setahun-an lebih aku tetep berkorset. Nggak tau mungkin udah kebiasaan aja, nggak enak klo nggak pake. Tapi memang suami menyarankan gitu biar gak gampang masuk angin. Soalnya kan pusar tertutup rapat. Entah kenapa selanjutnya koq korset aku lepas. inget klo pas perut sakit doank.

So, usaha ber-korset-an kali ini sebagai langkah preventiv aja biar perut tetap pada ‘lokasi’nya. Plus yang lebih penting lainnya adalah tidak sampe telat makan.

Keuntungan lain berkorset, mungkin bisa menghindari perut jadi buncit kali yah. Secara berat badanku yang mulai merangkak dan distribusi lemaknya kurang merata dan cenderung memilih kapling daerah perut, maka ber-korset menurut teoriku juga membantu memeratakan penyebaran lemak di perut.

12 Responses so far »

  1. 1

    gak sesek mbak, pake korset?btw, ternyata di Surabaya to?kmrn temen-temen MPers Jatim kopdarada di jurnalku…

  2. 2

    rirhikyu said,

    owghh… cepet sembuh yaaakl kram perut bisa jadi jg ken jadwal makan yg ga benertrus masuk angin.stress???

  3. 3

    javaleste said,

    waduh kayak kolik gitu ya mbak perutnya? kata dokter apa betul cuma kram perut. kali2 ada waktu senggang diperiksain lebih rinci ke internis kali mbak. kalo dokter UDG kan masil amatir semua. takutnya ada yg gak ketauan gitu

  4. 4

    mba, aku sering bgt nih kram perut terutama kalo stres huhudalam 4 bulan terakhir ini hampir tiap bulan aku kram perut sampe diseret ke ugd 3 kali waktu kejadian terparah, tapi general check up so far nggak menunjukkan hal yang parah, huhuhu ngeselin bgt kan ya… jadi ya berusaha selalu rileks kalau ada apa2 kudu berusaha cool, tarik nafas dalam…btw aku juga suka pake korset kalau bobo anget sihhhh ^ _ ^

  5. 5

    cawah said,

    aduh g ngerti ah 😀

  6. 6

    inacw said,

    sukmakutersenyum said: gak sesek mbak, pake korset?btw, ternyata di Surabaya to?kmrn temen-temen MPers Jatim kopdarada di jurnalku…

    iya sih… ih, mau donk klo ada kopdar-an lagi. biar kenal banyak orang.

  7. 7

    inacw said,

    rirhikyu said: owghh… cepet sembuh yaaakl kram perut bisa jadi jg ken jadwal makan yg ga benertrus masuk angin.stress???

    makasih…..bener mbak, campur aduk telat makan, masuk angin n stress

  8. 8

    inacw said,

    javaleste said: waduh kayak kolik gitu ya mbak perutnya? kata dokter apa betul cuma kram perut. kali2 ada waktu senggang diperiksain lebih rinci ke internis kali mbak. kalo dokter UDG kan masil amatir semua. takutnya ada yg gak ketauan gitu

    bener, kram perut. thanks sarannya.

  9. 9

    inacw said,

    srisariningdiyah said: mba, aku sering bgt nih kram perut terutama kalo stres huhudalam 4 bulan terakhir ini hampir tiap bulan aku kram perut sampe diseret ke ugd 3 kali waktu kejadian terparah, tapi general check up so far nggak menunjukkan hal yang parah, huhuhu ngeselin bgt kan ya… jadi ya berusaha selalu rileks kalau ada apa2 kudu berusaha cool, tarik nafas dalam…btw aku juga suka pake korset kalau bobo anget sihhhh ^ _ ^

    wah ternyata sama yah…. suakit lho asli. bener yah harus rilex.

  10. 10

    inacw said,

    cawah said: aduh g ngerti ah 😀

    lain bidang mas

  11. 11

    Titin said,

    mksh crita pengalaman berharganya


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

