Keju Edam yang ‘edan’

Akhirnya keturutan juga ‘bisa’ beli keju yang satu ini…. Selama ini tiap udah mau beli, selalu gagal karena berubah pikiran. Bukannya nggak punya uang buat beli keju Edam, tapi ngeman uangnya aja….. He he… *beda tipis.

lha gimana, harganya emang edan. untuk ukuran aku masih kategori sangat mahal. harganya aja hampir 3x lipat keju cheddar biasa. ujung-ujungnya selalu lebih tergiur nyari subtitusi keju lainnya yang lebih murah. Lawong yang keju biasa aja, masih suka mikir klo pake banyak-banyak, walhasil terpaksa suka korupsi ‘berat’ keju yang seharusnya dibutuhkan. Dasar…

secara the beginner yang masih trutu’an belajar bikin kue, maunya sih komposisi bener-bener nurutin tulisan resep. Biar klo gagal nggak ada alasan nyari-nyari kambing warna hitam . berhubung emang mahal yasudah selama ini pake keju lokalan aja. kebetulan di resep yang udah kukopas dari beberapa sumber, seringnya merekomendasikan menggunakan keju Edam untuk bahan kue kaastengel, kue sagu keju dan aneka kue berbahan keju lainnya.

nah berhubung beberapa hari yang lalu ada pembagian SHU Koperasi di kantor. uang ini anggap aja sebagai hadiah. jadi deh bertekad bulat membeli keju edam tanpa pertimbangan ini itu.

so, bikin kue lebaran kali ini at least bahannya lebih berkualitas. semakin bersemangat aja. kalo begini, pas sesi ngoven harus bener-bener focus deh, nggak boleh sambil lalu karena klo nggak kan bisa nangis donk klo gosong…. udah bahannya mahal tapi penampakan akhir hitam. oh tidaaak. Bismillah hasil kuenya ntar bisa ‘edan’ saking gurihnya…

Catatan menyadur dari Wikipedia :

Edam (bahasa Belanda Edammer) adalah keju yang berasal dari Belanda yang secara tradisional berbentuk bulat dan berwarna kuning terang dan dibungkus dengan parafin dan malam berwarna merah. Keju ini dinamai demikian karena pertama kali dibuat di Edam, Holland Utara Edam yang berumur setidaknya 17 minggu dibungkus oleh malam berwarna hitam, bukan merah atau kuning.

Keju Edam memiliki rasa yang sangat lembut, sedikit asin atau terasa seperti kacang, keju ini juga tidak berbau bila dibandingkan keju lainnya. Keju ini juga memiliki kandungan lemak jauh lebih rendah dibandingkan keju tradisional lainnya sebanyak 28 persen dengan kandungan protein sebanyak 25 persen. Keju Edam yang modern jauh lebih lembut dibandingkan keju yang lain, seperti Keju Cheddar, karena kandungan lemaknya yang lebih rendah.

Advertisements

20 Responses so far »

  1. 1

    friewan said,

    keju edam, keju chadar…wah saya gak ngerti.yg saya tahu keju enak dilapisi sama roti..hehe*lho puasa2 kok ngmong ini. 😀

  2. 2

    luv keju ^ _ ^nyamnyam

  3. 3

    nitafebri said,

    demennya beli kecu kraft yang ukuran mini, buat dimakan begitu ajah.. :Dkeju edam, apa yang potongannya kayak sepotong melon gitu (bulan sabit)

  4. 4

    enkoos said,

    *nyemil keju rasa cabe*

  5. 5

    rirhikyu said,

    dah lama kaga makan :)mahallllll

  6. 6

    javaleste said,

    belanja dimana mb u bahan2 kue yg murmer?

  7. 7

    zahratefiani said,

    *nunggu penampakan kuenya yg edan heheh *

  8. 8

    bundafahri said,

    aaahhh edaaaaaaammmmmmmmm

  9. 9

    drackpack said,

    Mau dong nyicipin kue edannya…

  10. 10

    bundafayyaz said,

    keju yg bungkusnya merah itu ya mbak?

  11. 11

    inacw said,

    friewan said: keju edam, keju chadar…wah saya gak ngerti.yg saya tahu keju enak dilapisi sama roti..hehe*lho puasa2 kok ngmong ini. 😀

    Enakan tau jadi koq mas, apalagi klo gratiz…

  12. 12

    inacw said,

    srisariningdiyah said: luv keju ^ _ ^nyamnyam

    bagus buat tulang kita yang masih butuh ‘pertumbuhan’ Mbak

  13. 13

    inacw said,

    nitafebri said: demennya beli kecu kraft yang ukuran mini, buat dimakan begitu ajah.. :Dkeju edam, apa yang potongannya kayak sepotong melon gitu (bulan sabit)

    Bener, udah dipotongin 200 gram-an jadinya kayak bulan sabit. Asline sih bulat bunder. 150.000 Per kg

  14. 14

    inacw said,

    enkoos said: *nyemil keju rasa cabe*

    * ikut membayangkan rasanya*

  15. 15

    inacw said,

    rirhikyu said: dah lama kaga makan :)mahallllll

    berarti nunggu SHU aja kayak aku

  16. 16

    inacw said,

    javaleste said: belanja dimana mb u bahan2 kue yg murmer?

    Klo aku suka belanja di toko delapan di jalan pucang. Lumayan lengkap dan kayaknya sih murah dibanding beli di bukan toko kue.

  17. 17

    inacw said,

    zahratefiani said: *nunggu penampakan kuenya yg edan heheh *

    Insyallah deh … semoga edan beneran rasanya.

  18. 18

    inacw said,

    bundafahri said: aaahhh edaaaaaaammmmmmmmm

    Lha klo emak ini pasti sudah sering beli deh. Ya nggak?

  19. 19

    inacw said,

    drackpack said: Mau dong nyicipin kue edannya…

    Mmmmhhhh…. *mikir

  20. 20

    inacw said,

    bundafayyaz said: keju yg bungkusnya merah itu ya mbak?

    Bener., kayak warna apel washington itu..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: