Belajar Bikin Kue

Lebaran udah lewat, tapi dua hari ini, aku sibuk bikin kue kering. kali ini mau aku kasihkan kakak-ku yang mau punya hajat sunatan minggu depan. Ya… hajatannya orang desa, pake suguhan kruwel-kruwel begini. lumayan buat penghias meja, alias suguhan. pengennya sepulang kerja nyicil bikin tapi seminggu ini banyak capeknya. beruntung sabtu kali ini libur, so 2 hari bisa dimaksimalkan produksi…. *terimakasih yah Neng Umi, udah rewang…

at least dengan acara hajatan ini, aku bisa semakin melatih kemampuan bikin kue-ku, biar makin hafal. mumpung bahan-bahan sisa lebaran kemarin masih banyak. abis pas ramadlan kemaren nggak banyak nyobain resep. klo tahun lalu, sepulang kerja aku masih akas bikin-bikin kue, puasaan kemaren nggak tau koq males.

udah 3-4 tahunan ini aku getol mengasah ilmu perkuean, yah semenjak punya oven sendiri. walaupun oven kompor biasa sih…. udah punya oven listrik juga 2 thn lalu, tapi sampe sekarang nggak pernah kupakek, ngeman listriknya…. *kasian yang mbayari.

dan, insyallah lebih semangat lagi sejak aku punya timbangan digital “TANITA”. Alhamdulillah kesampean beli barang yang satu ini. Mahal, 320rb.. tapi aku rela. anggap aja hadiah THR tahun ini he he….

And, semua resepnya adalah hasil brosingan di OM Gugel. kebek wes hardisku ama artikel kue-kue.

sayangnya, aku nggak pernah menghafalkan resep-resep yang sudah kucoba. walhasil jika catetannya ngilang, udah nggak bisa ngulangi lagi. kemaren aja, masih juga kesalahan baca resep… udah berkali-kali nyobain nastar, e’e lha koq salah baca 4 butir kuning telur aku pikir 4 butir telur. beh, nastarnya jadi aneh dan aku sendiri nggak doyan. baru nyadar salah setelah jadi.


Ini nih poto satu-satu. nggak tau nama kue ini apa, yang jelas kue yang dicetak bunga, tengahnya dikasih coklat keping lalu ditaburi parutan keju. resep adonan per resepnya untuk kue yang ini adalah :

225gr terigu

100gr gula halus

110gr mentega

1 sdm susu FC

1 kuning telur

1/2 sdt garam

1 sdt baking powder

1/4 sdt vanili

sumber : buku catetan jaman kuliah, nyatet bareng pas di kos-kosan Jordu no 7, lupa dari majalah apa waktu itu.

kue berikut adalah NASTAR. Baru ngerti klo nastar itu singkatannya Nenas Tart. isinya standart, selai nenas. resep adonan kue sbb:

250gr terigu

30 gr Maizena

60gr gula halus

200gr mentega/Margarin

2 sdm susu FC

2 kuning telur

1/4 sdt garam

1 sdt baking powder

1/4 sdt vanili

sumber : hasil googling, ketemu site-nya budiboga

lalu, kue berikut adalah KASTENGEL Palsu…. berhubung persediaan keju habis, cukup buat taburan doank, resep yang dilirik pun yang aspal. tapi, tetep oke koq.

Resepnya :

500gr terigu

300gr mentega

6 kuning telur

1 bks masako / royco

sumber : hasil potokopi catetan emak-nya si Dana, temen kantor. katanya dari kegiatan ibu-ibu PKK


selanjutnya, yang berikut adalah kue Sempritan. jadul tapi tetep aja suka.

baru nyoba kali ini bisa lancar mecocoti spuitnya. biasanya nunggu nyetak 1 loyang,baru bisa ketemu rumusnya.

resepnya :

250gr terigu

75 gr Maizena

150gr gula halus

250gr mentega/Margarin

3 sdm susu FC

1-2 kuning telur

1/4 sdt vanili

sumber : googling,lupa dari sitenya sapa.

trus, selain yang diatas, kue yang berikut juga adalah percobaan pas lebaran kemaren.

yang ini namanya lupa, kopas resepnya gak katut itu judul. kue dibulatin lalu diguling2kan di CornFlake yang diancurin lalu dikasih selai blueberry. kriuk-kriuk ueeenak… nggak bo’ong, kemaren aku incipin temen sekantor komentarnya enak. ataw mungkin karena dia ngarep aku kasih lagi yah? he he…

resepnya :

275gr terigu

50 gr Maizena

150gr gula halus

225gr mentega

3 sdm susu FC

2 kuning telur

1/4 sdt vanili

sumber : detik food lebaran kemaren


semangat mencoba terus, semangat semangatttt…. ..

Advertisements

6 Responses so far »

  1. 1

    javaleste said,

    biyuuuuh akehe mbak

  2. 2

    bundel said,

    Hajatane ngaturi wong sak piro nak Ina, jan kuwehe gak bakal entek mengko.

  3. 3

    bundananda said,

    wes mantep deh kueh2nya. . .

  4. 4

    inacw said,

    bundel said: Hajatane ngaturi wong sak piro nak Ina, jan kuwehe gak bakal entek mengko.

    wah ini aja masih terlalu dikit. sayang waktu saya nggak banyak. ben jajan lainnya beli jadi aja. adat-e orang kampung Bun, klo hajatan yah ngundang orang sekampung tanpa terkecuali plus semua sodara jauh dekat plus teman. Biasanya acara diadakan dirumah pake tenda, bukan di gedung. Waktunya pun nggak terbatas kayak klo sewa tempat. Biasanya hari pertama adalah walimahan (malamnya), hari-H dalah hari kedua dimana para undangan hadir.

  5. 5

    inacw said,

    javaleste said: biyuuuuh akehe mbak

    masih kepikiran lho karena terlalu sedikit. buat ngganjel biar nggak beli di luar terlalu banyak.

  6. 6

    inacw said,

    bundananda said: wes mantep deh kueh2nya. . .

    matur nuwun sanget udah dipuji…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: