The Lost Period

Terinspirasi komennya mbak Rossy di jurnal khayalan 1 em-ku sebelumnya, jadi pengen bercerita jaman tempo doeloe ama sedikit berandai (lagi).

“seandainya usaha Mbah-ku waktu itu masih berlanjut, mungkin aku termasuk orang yang kaya raya sama kayak putra mahkotanya perush rokok Sampoerna kali yah…..” He he… yah kan jaman dahulu kala masih jarang banget perusahaan. Sangat mungkin jika bisa bertahan dan terus berkembang, maka akan sebesar Sampurna sekarang. Waoooo …. Bisa ngelancong keluar negeri terus donk.

But, roda berputarrr. Alhamdulillah ya sesuatu memang sudah disuratkan. Dan beginilah kami, masih tetep orang ndeso dengan kelas yang sedang-sedang aja he he…

Baru ngeh cerita masa lalu keluargaku adalah pas berkunjung ke Pak Wo, saudara ibuku yang sebapak. Beliau udah tua sekali tapi aku salud beliau masih bisa mengingat dengan jelas dan menceritakannya dengan cetho. Aku seneng mendengarkan klo ada yang bercerita sejarah keluarga, sambil membayangkan bagaimana kehidupan Mbah-Mbahku masa itu. Maklum dari kecil udah ditinggal ama kakek nenek, jadi ada kerinduan bagaimana rasanya dimanja Mbah.

Nenek dulu ternyata punya usaha Rokok kretek linting tangan, mirip sebagaimana sejarah awalnya perusahaan rokok Sampoerna. Klo Sampoerna memulai usaha pada tahun 1913 oleh Liem Seeng Tee, entahlah Mbah memulainya kapan. Lalu popularitas rokok kretek tumbuh dengan pesat pada awal 1930-an (dari googling).

Kemungkin masa-masa inilah Mbah menjalankan usahanya. Layaknya sebuah ‘perusahaan’, Mbah dulu ceritamya juga punya banyak karyawan sampe luar desa kami. Area pemasarannya pun lumayan jauh. Pak wo itulah yang kebagian nangani pengiriman sekaligus ‘marketing’. Bahan baku tembakau didatangkan dari jauh dalam jumlah besar. Pada jaman itu masih jarang sekali yang bisa mengenyam pendidikan sampe tamat SD, tapi pak wo-ku bisa disekolahkan sampai jenjang yang lumayan ‘tinggi’ semacam sekolah guru. Itupun sekolahnya harus di kota kabupaten yang harus ditempuh dengan bersepeda ongkel, berangkat sebelum shubuh. Satu kecamatan yang bisa bersekolah disana hanya sekitar 5 anak. Apalagi sekolah, sepeda ongkel aja merupakan barang mewah yang jarang sekali orang punya. Jadi bisa membayangkan pasti kehidupan Mbah lumayan berlebih.

Sayangnya, Mbah sudah dipanggil Allah saat belum terlalu tua. Kala itu ibuku masih kecil belum sekolah. Sejak kematian Mbah putri, usaha jadi berantakan. Maklum Mbah putri-lah yang waktu itu mengkomandoi jalannya usaha. Jiwa enterpreuner ada di beliau. Lalu kakek menikah lagi dan tidak jelas deh cerita selanjutnya, yang pasti usaha itu menjadi mati.

Untung masih ada Pak Wo yang masih bisa cerita, selama ini aku ngertinya ibu adalah diambil sebagai anak oleh pasangan berada yang tidak mempunyai keturunan. Lha pak wo sendiri semasa kecil sebenarnya hidup satu rumah dengan ibuku. Namun atas pertimbangan ‘sesuatu’ waktu itu, akhirnya secara de jure hanya ibuku saja yang dibukukan (didukung akte) sebagai anak angkat. Nggak heran seingetku waktu itu warisan ibuku lumayan buanyak.

Allah maha adil, Dia sudah punya rencana-rencananya. Walaupun Pak Wo punya pendidikan tinggi tapi nasibnya tidak sebagaimana orang mungkin akan membayangkan. Juga Walaupun ibuku punya warisan yang besar kala itu, tetep ada saja cara-Nya agar semua menjadi ADIL.

Advertisements

2 Responses so far »

  1. 1

    raniuswah said,

    rejeki manusia sudah diatur Allah ya buk..harta bukan semuanya..

  2. 2

    inacw said,

    raniuswah said: rejeki manusia sudah diatur Allah ya buk..harta bukan semuanya..

    bener banget. Allah maha tau kebutuhan hambanya. makasih yah Bun…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: