Kakak nakal?

Mendapat laporan dari sekolah beberapa hari yang lalu membuat aku semakin prihatin dengan attitude yang kurang menyenangkan oleh Farid, sang kakak yang baru kelas 1 SD. Waktu itu suami datang untuk membayar uang partisipasi kurban sekaligus SPP bulan November. Mungkin mbak TU juga sudah ngerti tingkah si anak, so kebetulan ada orang tuanya datang, sama dia langsung dipanggilkan ibu wali kelas. Selain hal-hal yang baik bahwa si kakak termasuk cepat nangkap pelajaran tapi yang nggak tahan adalah jahil-nya .Dan ternyata [lagi-lagi] farid membuat masalah. Kali ini katanya mlorot rok temennya. Aku yang waktu itu masih dikantor langsung waddoh onok maneeeh….”

Sampai di rumah aku dedes kenapa melakukan itu, kakak jawabnya “ dia sih nakal… masa aku dibilang crazy. Apa artinya crazy? Gila yah… yah aku plorot….”. aku Tanya nama si teman, ternyata masih anak yang sama yang kapan hari dibuat nangis. Alasan waktu itu katanya kakak [guyonan] dikunci gak boleh masuk mobil antar jemput. Pasti mereka memang suka musuhan.

Dengan beberapa pengarahan, biasanya aku minta agar kakak besok minta maaf dan sepulangnya aku tanyakan kembali apa sudah minta maaf.

Beberapa waktu sebelumnya sempet ada laporan juga si kakak minta uang temennya. Besoknya langsung aku suruh kembalikan dan minta maaf. Dan yang parah lagi, pernah suatu kali dia minta dibawain gunting. Nggak ada pikiran macam-macam, karena di edaran petunjuk alat-alat bantu dari pelajaran KTK termasuk gunting, kertas lipat dll. Lha koq pada hari itu langsung ada laporan dia menggunting rambut temennya sehingga petal.

Ampun ampun deh…

Dari kecil, memang sudah terlihat si kakak memang susah disuruh diem. Banyak yang bilang nakal (baca:cerdas), bawaan unyeng-unyeng dua plus 1 lagi di jithok kali…. Adda aja ulahnya. dulu di TK kalo ada kejadian apa gitu sama temennya , pasti orang-orang komen-nya “ paling farid lagi….”

Kadang mikir juga, apa bener yah pepatah jawa kacang nurut lanjaran, dulu waktu kecilnya, si ayah juga terkenal mbethik n jahil di kampungnya. Sering dalam beberapa hal si ayah nyadar “ iya, kecilku juga gitu…” . walah.

Sepertinya kami memang masih harus intospeksi dan untuk terus belajar menjadi orang tua yang terbaik, bagaimana harus menghadapi attitude si kakak yang suka berulah. Masih banyak ketidaksempurnaan pada kami yang bisa jadi menjadi penyebab perilaku dia. Insyallah kami akan berusaha untuk lebih baik lagi.

Advertisements

24 Responses so far »

  1. 1

    menurutku Farid anak cerdas &kreatif mbak! dan sperti kata temenku, anak itu memang bukan “murid yg ideal” bagi guru, krn mnurut sebagian bsar guru murid ideal adalah yg anteng dan gak banyak aktif -__-?tetep smangat mba!! 😉

  2. 2

    Oh iya, mo jawab pertanyaan di atas; kakak sama sekali nggak nakal 🙂

  3. 3

    javaleste said,

    hihihiii mbak Ina anakmuuuu …anak nakal tuh berbanding lurus sm pinter biasanya. kt ortunya yg harus telaten ngarahkan kali yA

  4. 4

    tintin1868 said,

    wah itu yang serem.. gunting rambut temennya.. butuh penyaluran deh kayanya farid.. diajak les judo saja.. ato sepakbola.. ato kesukaan farid apa sih?

  5. 5

    kaklist said,

    hihi lagi2 setuju ama mak tintin :)atau klo uang nya ga masalah masukin sekolah alam 🙂

  6. 6

    rirhikyu said,

    waduhhhh…aku siy setuju sama mba tintincoba aja dikasih penyaluran laen mba 🙂

  7. 7

    bundel said,

    Hadooooh……. hadoooh………! Tobat lek aku sing dadi mboke mbak.Tuh kacang nurut lanjaran artinya apa “kacang ikut dengan kuda?” Wwkwkwkwkw……..

  8. 8

    bundel said,

    Anak itu hyperaktif mungkin mbak, coba konsultasikan ke psikolog pendidikan anak, mumpung masih TK jadi banyak waktu buat memperbaikinya. Sing telaten ya mbak.

  9. 9

    andal15 said,

    Andal juga suka gitu bu di sekolahnya, papanya malah blg aah..wajar anak laki. duh…aku yg malu klo dia sering2 buat ulah. Emang sih dia bgitu krn dia ngerasa ada yg jahilin makanya dia lawan krn papanya selalu mengajarkan klo ada yg nakalin klo ga boleh diam aja, harus dilawan biar mereka ga semena-mena ma kamu…Tapi nanti seiring waktu anak2 akan ngerti koq, sekarang mungkin emang lagi masanya…namanya jg anak laki2

  10. 10

    drackpack said,

    Dikasih pengarahan dengan baik2 aja, mbak. Dulu sulungku juga begitu. Sampe bosen aku dipanggil gurunya. Tapi semakin besar akhirnya dia berubah juga kok. Yg penting di rumah beri dia perhatian penuh jadi dia gak cari perhatian di luar.

  11. 11

    inacw said,

    keluargabahgia said: menurutku Farid anak cerdas &kreatif mbak! dan sperti kata temenku, anak itu memang bukan “murid yg ideal” bagi guru, krn mnurut sebagian bsar guru murid ideal adalah yg anteng dan gak banyak aktif -__-?tetep smangat mba!! 😉

    amin amin semoga emang benar calonnya orang pinter… semoga bu gurunya juga sabar menghadapi anakku.

  12. 12

    inacw said,

    keluargabahgia said: Oh iya, mo jawab pertanyaan di atas; kakak sama sekali nggak nakal 🙂

    Alhamdulillah… harus dihilangkan prasangka itu biar nggak jadi doa yah mbak..

  13. 13

    inacw said,

    javaleste said: hihihiii mbak Ina anakmuuuu …anak nakal tuh berbanding lurus sm pinter biasanya. kt ortunya yg harus telaten ngarahkan kali yA

    iya, cuman takud nakalnya overdosis. beneran masih mencari-cari cara menghadapi ini. semoga ortunya sabar.

  14. 14

    inacw said,

    tintin1868 said: wah itu yang serem.. gunting rambut temennya.. butuh penyaluran deh kayanya farid.. diajak les judo saja.. ato sepakbola.. ato kesukaan farid apa sih?

    kapan hari rambutnya sendiri yang diguntingi, terpaksa kugundul dia karena pethal.lagi mikir tambahan kegiatan apa yah yang memungkinkan waktu kami…*kebingungan siapa yang nganterin ntar.

  15. 15

    inacw said,

    kaklist said: hihi lagi2 setuju ama mak tintin :)atau klo uang nya ga masalah masukin sekolah alam 🙂

    nah ini…. sayangnya udah masuk sekolah yang sekarang ini yang lumayan juga duitnya… makasih sarannya.

  16. 16

    inacw said,

    rirhikyu said: waduhhhh…aku siy setuju sama mba tintincoba aja dikasih penyaluran laen mba 🙂

    bener sih, cuman kayaknya kegiatannya juga udah lumayan padet. pulang sekolah tidur bentar lalu ngaji lalu les privat. ataw, waktu mainnya yang kurang kali yah?

  17. 17

    inacw said,

    bundel said: Anak itu hyperaktif mungkin mbak, coba konsultasikan ke psikolog pendidikan anak, mumpung masih TK jadi banyak waktu buat memperbaikinya. Sing telaten ya mbak.

    makasih Bunda sarannya, insyallah… sambil terus introspeksi apa yang salah dalam mendidik saya.

  18. 18

    inacw said,

    bundel said: Hadooooh……. hadoooh………! Tobat lek aku sing dadi mboke mbak.Tuh kacang nurut lanjaran artinya apa “kacang ikut dengan kuda?” Wwkwkwkwkw……..

    ye…. lanjaran tuh apa yah? kayak tiang kecil2 yang buat merambatnya si kacang untuk tumbuh itu lho Bun…

  19. 19

    inacw said,

    andal15 said: Andal juga suka gitu bu di sekolahnya, papanya malah blg aah..wajar anak laki. duh…aku yg malu klo dia sering2 buat ulah. Emang sih dia bgitu krn dia ngerasa ada yg jahilin makanya dia lawan krn papanya selalu mengajarkan klo ada yg nakalin klo ga boleh diam aja, harus dilawan biar mereka ga semena-mena ma kamu…Tapi nanti seiring waktu anak2 akan ngerti koq, sekarang mungkin emang lagi masanya…namanya jg anak laki2

    yaaa ternyata ada temennya…. klo sekedar bertahan sih ok, tapi klo yang berinisiatif menyerang itu yang mengkawatirkan…semoga aja, besarnya nanti jadi anak yang ngerti dan kreatif.

  20. 20

    inacw said,

    drackpack said: Dikasih pengarahan dengan baik2 aja, mbak. Dulu sulungku juga begitu. Sampe bosen aku dipanggil gurunya. Tapi semakin besar akhirnya dia berubah juga kok. Yg penting di rumah beri dia perhatian penuh jadi dia gak cari perhatian di luar.

    iya betul, merasa bersalah juga mungkin waktu kami masih kurang untuk anak-anak. lagi berusaha berubah.

  21. 21

    bundel said,

    inacw said: ye…. lanjaran tuh apa yah? kayak tiang kecil2 yang buat merambatnya si kacang untuk tumbuh itu lho Bun…

    Tapi coba terjemahkan kalimat-kalimat ini ke dalam bahasa Jawa :1. Saya dan adik membeli bakso -> Aku lan adik tuku bakso.2. Di lemari ada baju dan tas -> Nang lemari ono klambi lan tas.Lha, kalau “Kacang dan kuda” apa jadinya? Pasti Kacang lan jaran kan?! Kwkwkwkwkwkw……..

  22. 22

    inacw said,

    bundel said: Tapi coba terjemahkan kalimat-kalimat ini ke dalam bahasa Jawa :1. Saya dan adik membeli bakso -> Aku lan adik tuku bakso.2. Di lemari ada baju dan tas -> Nang lemari ono klambi lan tas.Lha, kalau “Kacang dan kuda” apa jadinya? Pasti Kacang lan jaran kan?! Kwkwkwkwkwkw……..

    hwa ha ha… Bunda pinter, kreatif. dari kmrn gak ngeh.

  23. 23

    estiningtyas said,

    mungkin farid baru caper ya, imho ya jeng.aku yakin bisa berubah kok selama kita konsisten memberi pengertian. jadi orangtua mmg harus sll belajar jeng. aku juga masih belajar mendidik dan merawat anakku. semangat yuk

  24. 24

    inacw said,

    estiningtyas said: mungkin farid baru caper ya, imho ya jeng.aku yakin bisa berubah kok selama kita konsisten memberi pengertian. jadi orangtua mmg harus sll belajar jeng. aku juga masih belajar mendidik dan merawat anakku. semangat yuk

    semoga aja capernya si kakak nggak semakin kelewat. Harus extra sabar nih mendidiknya.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: