Donat dkk . . …

Pagi tadi rencananya selain mau bikin pentol tahu, aku bakal bikin donat (lagi). Sayangnya pentol harus gagal gara-gara aku putus asa nungguin antrian panjang di penggilingan daging. Ternyata orang-orang masih punya simpenan sisa kurban banyak kali. Duh Padahal udah beli tahu gorengnya sampe 5 bks. Pikirku dari pada lama ngantri mending pulang, nyandak adonan yang udah aku timbangi sebelumnya. Yawes klo nggak males besok pagi kepasar lagi nggiling.

Udah beberapa kali nyobain donat , insyallah sekarang udah diluar kepala. Rasanya ok, empuk…. Walaupun belum bisa berhasil menyamai donat JCO sih. But, Enak, begitulah rata-rata komen temenku yang kebagian. Yang paling menyenangkan, suami en si kecilku ternyata juga suka. Nah klo yang suka anakku, biasanya aku semakin semangat untuk mengulanginya.

Resep DONAT berikut hasil kopas entah dari blog siapa, lupa juga soalnya udah lama kusave di computer. Berhubung ternyata 90% mirip resep roti tawar ataupun roti kasur, jadinya oke deh adonan tri in wan. Bedanya klo donat digoreng, bread di oven.

Resepnya berikut

Bahan :

500 gr tepung cakra

275-300 cc susu putih cair (secara logika ragi bakal berkembang baik di suhu dingin)

4 sdm gula pasir (1 sdm-nya munjung)

1/2 sdt garam

60 gr mentega

2 sdm susu bubuk

11 gr ragi instan (sebungkus)

3-4 kuning telur(makin banyak tambah enak)

½ sdt bread improver ( nggak pke gpp)

Cara membuat :

Campur tepung, gula, ragi, susu bubuk, kuning telur, trus diuleni sambil dituang susu cair/air dikit-dikit. Udah setengah kalis, baru dimasukkan mentega dan garam. Yang terakhir ini nih yang paling penting , jangan dibarengin si ragi ama garam.

Nguleninya aku pake tangan, males ngeluarin mixer . Klo mixer katanya bisa pke gigi yang gelombang / spiral.

Sesuai tips bikin roti tawar, maka adonan pake acara aku banting-banting en ditarik. Sampe adonan bener2 kalis nggak lagi nempel. Lalu adoanan di-istirahatkan n ditutupin serbet, diamkan 1 jam. Setelah itu pake aku giles . Teorinya biar pori2 roti (efek ragi) nggak terlalu lebar.

Setelah itu kalo untuk donat, bulatkan adonan – dibagi kecil-kecil, diamkan lagi sampe keliatan mbenduk-mblenduk ngembang dan terasa ringan.

Waktu goreng, bolongin tengahnya sama tangan lalu masukkan ke wajan sambil diputer2 ama supit biar buletannya bagus. Awalnya rada stress juga karena nggak tahu tipsnya ngelubangi, dulu malah jadi lubang ‘intip’, kueecil kaya ditusuk supit itu.

biar diameternya rada lebar, puter2nya di pinggiran wajan aja so ketarik-tarik itu lubang. Tapi yah gtu masih belum mahir juga bikin lubang yang rapi dan cantik. Paling enak emang dibuat bullet langsung goreng. Praktis.

Bikin donat yang sebelumnya, pernah pake topping coklat celup, yaitu coklat glaze yang langsung aku beli di TBK. Sempet bingung juga waktu beli, sebenernya coklat glaze tuh buat apa tho…. Dalam pikiranku emang udah kebayang mungkin emang buat donat. Dasar aku tuh suka beli2 bahan yang aku sendiri nggak paham mau dibikin apa. Biasanya setelah beli baru searching resep kue apa yang makek bahan itu.

Well, klo roti tawarnya, tinggal menggulung adonan seukuran panjang Loyang, masukkan Loyang lalu biarkan se-jam-an baru dioven. Sedangkan untuk roti kasur, adonan dibuat bulat2 untuk tengahnya diisikan coklat. Klo ada selei juga bisa. Atasnya diparutin keju. Sebelumnya aku olesi putih telur yang aku campur ama susu dikit. Cumin buat perekat kejunya. Resep yang bener sih pake 1 butir telur plus garam.

Berhubung donat yang tadi aku males ngasihin toping coklat glaze, maka aku kasih poto percobaan sebelumnya…..


Advertisements

8 Responses so far »

  1. 2

    hadeuuuh enak banget deh kayaknya…

  2. 4

    Aku udah beli cetakan donat + bahan tapi sampe sekarang hawa “sregep-nya” ga datang2, haha!Btw tanya dong, dirumah pake oven apa yak?

  3. 5

    inacw said,

    farahrazaq said: yummy.. mauuu..

    mmmhhhh besok beli bahan yah trus dicoba sendiri… atau beli di toko kue sebelah aja he he…

  4. 6

    inacw said,

    ayudiahrespatih said: hadeuuuh enak banget deh kayaknya…

    makasih mbak… insyallah emang enyak

  5. 7

    inacw said,

    raniuswah said: mantaph

    alhamdulillah biar saya semangat terus bikin buat keluarga

  6. 8

    inacw said,

    laurentiadewi said: Aku udah beli cetakan donat + bahan tapi sampe sekarang hawa “sregep-nya” ga datang2, haha!Btw tanya dong, dirumah pake oven apa yak?

    awalnya aku pke cetakan donat malah susah, jelek hasilnya. mungkin aku yang nggak bisa kali yah…. btw, mbak irni bilang yg paling ok emang dibuat bulet2 trus klo mau goreng baru dilubangi n diputer2 ama sumpit.ovenku oven elek wi, ndeso. manual yg beli di pasar itu… punya yg listrik tapi eman listrike, maklum ga ikut bayar listrik jadi sungkan.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: