Begadang : Gerak Jalan Mojokerto-Suroboyo

Lama banget nggak pernah begadang, eh sekali melek malem aja sekarang nguantuk pol. Begadangnya kemaren berjamaah, pengen ngeliat gerak jalan Mojokerto Suroboyo. Acara tahunan dalam rangka hari pahlawan.

Nggak ngerti sebenernya klo ternyata acara itu kemaren. Pas pulang kerja temen-temen di mobil mbahas cerita-cerita momen acara ini. Jadi kangen deh nonton. Udah lupa kapan terakhir nonton, sebelum nikah kayahnya. Dulu pas si kakak masih kecil, maunya diajak nonton tapi koq yah jadwal lewatnya udah kemalemen untuk ukuran ‘bayi’…. Berhubung sekarang anak-anak lumayan gedhe dan seneng aja diajak rame-rame, yah udah kapan lagi mengenalkan acara gerak jalan ini.

Berangkat ke Taman Joyoboyo jam setengah sepuluhan malem, setelah beres baking rotiku. Misua enak udah sempet tidur. Aku tahu aku bakal ngantuk disana pun anak-anak, tapi nggak papa lah resiko. Ternyata banyak sekali yang ngumpul disitu. Peserta udah mulai lewat pas kita datang. Plus peserta yang bersepeda. Rame banget, palagi ada warga disitu yang naruh ‘sound’ muter music keras-keras. Peserta jalan kaki yang lewat bias terhibur juga, apalagi yang nonton. Biasa… dangdutan. It’s ok buat nemenin ngramekan dari pada sepi-sepian.

Asyik ngeliat orang jalan. Cangkruk nggelar plastic di pinggir taman, anak-anak biarkan main bandulan. Ngobati kangen acara beginian. Terhibur melihat peserta khususnya yang perorangan dengan dandanan ataupun kostum yang aneh-aneh. Ada yang macak bencong, macak gembel, ada pula yang macak pocong. Paling keren lihatin peserta yang macak kratonan tapi sambil bawa payung kerajaan. Lucuuuu banget. Rata-rata cowok memang. Walaupun sekarang kayaknya kurang begitu banyak pesertanya, tetep menyenangkan.

Klo aku masih muda dulu, gerak jalan gini pasti jalan ditutup nggak boleh lewat selain peserta. saking banyaknya peserta. Dulu sekitar jam 7 malem gitu udah ngelewati kota Krian. Suami cerita sampe Surabaya bisa sampe jam 6 pagi untuk peserta paling akhir.

Suamiku sangat bersemangat. Rupanya dia pengen bernostalgia lagi, pengen tahun depan ikutan tapi yang bersepeda aja. Maklum stamina dah beda sekarang….. dulu dia sering ikutan. Entah atas nama perguruan silatnya atau ama karang taruna di kampung asalnya, kedurus.

Jadi keinget jaman aku SMA kelas 3, November tahun 1994. temen-temen satu kelas bikin satu regu ikut menjadi peserta. Karena kelas tiga, kita dilarang sekolahan mengikutinya tapi kita nggak peduliin. Parahnya, pada hari itu satu kelas kompak nggak masuk. Seninnya langsung deh satu kelas diumbah ama guru-guru he he….. akhirnya sekelas disuruh nulis surat permintaan maaf di kertas segel atau bermaterai sama minta tanda tangan RT RW masing-masing…… *kenangan 3Fis1.

Seneng ngeliatin mereka, anak-anak muda bersemangat, sportif, mereka yang aktif. Bagus untuk mengarahkan anak muda dengan acara yang positif begini. Sekaligus memang acara ini untuk membangkitkan rasa cinta kepada para pahlawan, rasa nasionalisme. Ikut tersemangati ngelihat yang udah tua rentah tapi masih oke berjalan. Saluut. Pengen banget jadi bagian dari mereka tapi ‘kondisi’ dah nggak memungkinkan.

Sayangnya generasi sekarang kurang tertarik ikutan kegiatan sportif begini. Satu kampong belum tentu bisa membentuk satu regu karena minat anak muda sekarang yang sangat kurang. Mereka lebih tertarik internet, fesbuk, kurang tertarik olah raga, berkegiatan nyata. …

Akhirnya, kami pun sampe rumah jam 02 dini hari. Si adik udah teller di jalan, tapi kakak masih melek. Pintu gerbang kompleks juga udah ditutup pak satpam….Mudah-mudahan tahun depan bisa lihat lagi dan lebih meriah.

Advertisements

6 Responses so far »

  1. 1

    hahaha…aku pernah ikut lombanya..dulu….terus semaput pas sampai krian…ga kuat nerusno…

  2. 2

    bundananda said,

    Fotonya ga ada mbak?

  3. 3

    inacw said,

    fitrahanugrah said: hahaha…aku pernah ikut lombanya..dulu….terus semaput pas sampai krian…ga kuat nerusno…

    waduh, melaz gitu mas…. kurang latihan kali. klo mau ikutan lagi coba yang sepedaan. pulang kampung sekalian nostalgia

  4. 4

    inacw said,

    bundananda said: Fotonya ga ada mbak?

    lha itu sayangnya Bun…. maklum nggak ada yang dibuat motret.

  5. 5

    estiningtyas said,

    hah gerak jalan mojokerto suroboyo ? jauuuh kan ya setaukuuuu…

  6. 6

    inacw said,

    estiningtyas said: hah gerak jalan mojokerto suroboyo ? jauuuh kan ya setaukuuuu…

    lumayan semper pastinya klo nggak biasa. 55-an km mbak.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: