Jamu keluarga(ku)

Udah beberapa tahunan ini di keluargaku rajin bikin minuman jamu tradisional. Setelah kena typus itulah ada temen kasih saran untuk sering minum kunir putih.Nganut, langsung beli tapi kusimpan doank. sampe ternyata merasa kayak kambuh lagi akhirnya baru dimanfaatkan.

Selain kunir putih, biasanya di rumah selalu sedia rempah-rempah seperti temulawak, kunir, jahe, kencur. Aneka empon-empon yang biasa dibuat masak juga….

Rutin bikin minuman temulawak, tujuan utama awalnya buat anak-anak. Biar klo makan nggak pake umek rewel. Udah jarang beli curcuma sirup lagi, pake ini aja. Tenyata manfaatnya banyak, yang tua ikut memanfaatkan meminumnya juga. Waktu baca, diterangkan ini sudah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sel hati. Semua khasiat itu adalah berkat adanya kandungan kurkumin, yakni zat yang berguna untuk menjaga dan menyehatkan hati atau lever atau istilah medisnya hepatoprotektor.

Trus biasanya klo perut dah mulai aneh-aneh and ada yang ngganjel gak beres, langsung minta direbusin kunir putih. Biasanya dicampur temulawak yang berfungsi untuk mengobati liver. Sekalian, kan biasanya types, maag adalah deket dengan kecapekan yang ada hubungannya ama fungsi hati.

Malah kunir putih dikatakan bisa ngobati penyakit angker yang menakutkan kayak kanker, tumor. Berkhasiat juga untuk darah tinggi, diabetes, jantung koroner, asam urat, bronkhitis, polip/radang hidung, amandel/radang tenggorokan, keputihan, maag/gangguan lambung, nyeri haid. Berkhasiat alami dan tanpa efek samping.

Sedangkan klo mau atau pas kedatangan tamu, mulai bikin kunir-asem. Biar lancarrr jaya. Selain itu rasanya yang seger kakak suka dibuat minuman dicampur es, idem es sinom.

Nah giliran tenggorokan gatel, hajing-hajing bersin, mulai ada gonggongan kecil alias mau batuk, langsung deh rajin minum perasan kencur. Paling terkenalnya buat badan pegel-pegel. Itu… yang minuman beras kencur. Berhubung ribet pake beras segala, mending simple kencur diparut diperes lalu aku diemin beberapa saat supaya patinya terendapkan, lalu diminum. Mulai yakin kencur berkhasiat adalah pas pulang ke krian sambil hoek-hoek masuk angin badan krekes-krekes, ketemu ibu bakul jamu gendong. Aku beli beras kencur, alhamdulillah langsung jrenk!! Bergas nggak ngantuk , masuk angin pergi…

Beberapa minggu yang lalu ke dokter karena mulai kerasa batuk-batuk. Tapi yah gitu obatnya belum keminum sampe sekarang, karena tetep aku tangani ama kencur dulu trus dah beres. Obat dokter hanya untuk jaga-jaga klo memburuk. Maklum sungkan ama temen satu mobil klo sampe menulari, so harus cepet action pengobatan saat tanda awal datang.

Dan, Si kakak ternyata memang doyan jamu banget, nggak kayak si adik. Emaknya minum jamu tanpa ada tombo permen aja bisa batal, tapi dia nggak pake apa-apa, bilangnya nggak pahit. Kecuali jamu doro putih kali, dia juga nggak tahan. Amit-amit pahitnya!! Lawong aku aja minum nggak pake nafas biar nggak berasa.

Doro putih fungsinya untuk membersihkan darah kotor. Kata orang dulu, minum ini nyamuk nggak berani gigit, pahit soalnya. Sayangnya nyamuk sekarang serakah, pahit-pahit tetep aja doyan. Sampe si kakak marahin maknya ternyata ‘teori’ ini nggak terbukti.

Insyallah dengan obat-obatan herbal ini lebih safe dari pada obat-obatan kimia saat ini. Semoga keluarga kami selalu diberi kesehatan.

Advertisements

8 Responses so far »

  1. 2

    tintin1868 said,

    ku masih suka bikin kunir asam dan beras kencur.. keren ya bikin jamu sendiri.. salam sehat selalu..

  2. 3

    mellyheaven said,

    kunir putih itu bentuknya kayak gmn, mba?? *buta

  3. 4

    mylovelyadam said,

    semua jamu2 tradisional apalagi yang numbuk sendiri sukaaa banget dari jaman masih kecil…doro putih itu yang pahitnya minta ampun ya ? kalo di mbok2 jamu warnanya bening agak hitam ? aku suka banget ga’ usah pake gula merah langsung glek..sampe si mbok jamu heran :))

  4. 5

    inacw said,

    sukmakutersenyum said: great 😀

    thanks

  5. 6

    inacw said,

    tintin1868 said: ku masih suka bikin kunir asam dan beras kencur.. keren ya bikin jamu sendiri.. salam sehat selalu..

    sayangnya saya klo memungkinkan aja sih mbak jamunya dibuat nggenah lengkap tambahan-tambahannya sehingga enak diseduh. seringnya jamu bahan itu thok, tanpa plus-plus. jadinya bener2 jamu, bukan minuman yang ‘bersahabat’ di lidah.

  6. 7

    inacw said,

    mellyheaven said: kunir putih itu bentuknya kayak gmn, mba?? *buta

    bingung yah, dulu aku juga…. *ampe sekarang.berhubung dah langganann baik ama bakulnya, yah percaya aja yang dibeli itu bener.

  7. 8

    inacw said,

    mylovelyadam said: semua jamu2 tradisional apalagi yang numbuk sendiri sukaaa banget dari jaman masih kecil…doro putih itu yang pahitnya minta ampun ya ? kalo di mbok2 jamu warnanya bening agak hitam ? aku suka banget ga’ usah pake gula merah langsung glek..sampe si mbok jamu heran :))

    doro putih emang yang bening agak hitam itu deh. bakul jamu biasanya dicampur lagi ama genk pahit yang lain, makanya istilahnya jamu pahitan.salut, lidahnya kuat pahit nih…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: