Bussiness learning : Warung Bersama di Akunting

Sudah 3 bulan lebih, kita dari staff finance & Accounting bikin warung bersama. Mmmh, bukan warung sebenarnya yang harus ada bangunan tertentu plus lapak display makanannya, tapi yang ini cuman ‘ala’ warung….. dimana aneka snack yang dijual cukup kita letakkan diatas kardus tumpukan file.

Berawal dari ide salah satu temen untuk bikin kas bersama satu ruangan, yaitu dengan menyetorkan uang 20rb tiap bulannya. Tujuannya satu : buat dipake makan-makan keluar tanpa harus urunan lagi. Ada 9 anak yang bersedia, gabungan dengan beberapa cs dari departemen lain yang bisaa runtang runtung ama kita. Sedangkan dari dept kita tidak semuanya ikutan.

Nah dari pada itu uang ‘sementara’ iddle, aku pun mengajukan ide untuk bikin warung tadi. Semua setuju. Tepat buat angsel-angsel, untuk memenuhi tuntutan perut di jam-jam kritis alias biar nggak sampe kelaparan sebelum waktu makan siang. Kan yah nggak selalu ada temen yang bawa makanan gratis tiap harinya…. Jadi, dari pada bingung cari jajanan di luar kan lumayan membantu kalo ada warung di ruangan sendiri? Mana koperasi jaraknya jauh lagi, nggak bakalan deh ngangkani jalan.

So, Lapar tinggal ambil deh…. Cukup nyatet kalo nggak ada uang tunai. Yang beli kontan bisa langsung masukkan uangnya di “Money Box” yang sudah kita sediakan. Pokoknya yang diutamakan adalah kejujuran bersama dan saling percaya.

Promosi awal, woro-woronya pakai email. Plus beberapa cara pemaksaan lainnya he he…. Misal ada staf devisi lain lagi ada butuh ama kasir, langsung deh kita seruangan nodong dia buat beli. ada anak import yang lagi nge-fax, kita semoni buat jajan. staff gudang ngantarin dokumen, via telpon kita rayu managernya buat mborong itu dagangan, pulang-pulang si pengantar kita bawain 1 amplop besar isi snack beserta tagihannya he he….. Maksa deh judulnya !

But, bisa jadi dengan adanya warung kita itu, at least bisa menjadi penyelamat deh. Nggak kepikiran ada staff yang nyari mie gelas padahal baru masuk. E’e ternyata dia bilang “ iya, tadi di rumah nggak sempet sarapan”. Nah loh…. So Selain dari kalangan sendiri, pelanggan kita juga banyak dari departemen lain. Rata-rata sekarang mereka datang sendiri beli, nggak lagi pake di’paksa’ saat mereka sedang kelaparan.

Ngurusi warung ini benar-benar exiting. Hasilnya lumayan juga…. Dari pada ‘modal’ menganggur, seneng kan kalo bisa dapet 20~25% margin laba. Bisa sering-sering makan diluar bersama!! Kali-kali ntar labanya bisa mencukupi rekreasi ke Bali nggak perlu lagi swadaya masyarakat he he……

Ada pelajaran enterprenership di dalamnya. So, dari pada sekolah bussines mahal-mahal, ngurusi ini aja udah dapet ‘spirit’nya. Mulai dari kulakan, bagaimana cari supplier yang murah, bagaimana menetapkan harga jual ke konsumen, gimana bikin pembukuannya…. Klo yang terakhir sih mah udah bisaa, karena emang tukang akunting.

Tapi, yang keren tuh jadi tahu gimana mencari cara marketing yang efektif. Karena, kalo diem-diem aja, barang dagangan jadi slowly moving, nggak bener itu. Trus jadi mutar otak juga kira2 snack apa yang paling disukai, gimana caranya nggak bosen.

Dan, yang menjadi ujian sulit adalah, saat kita merasa ‘bekerja’ sendiri, tidak semua anggota bisa membantu, beberapa hanya pasif. Padahal ini semua sukarela. Ada terbersit perasaan ya masa’ yang kulakan aku, yang jadi marketing aku, pembukuan juga aku…. Kan hasil buat bersama? Semua rata. Padahal setiap belanja, resikonya aku harus bawa anak-anak yang akhirnya malah minta dikit-dikit mborong ini itu. Ada sih yang ngebantu kulakan juga, tapi paling sering mah aku. Syukulah sekarang ada anak baru yang bisa kita tugasi ngurusi kas-nya plus bantu mantau dagangan. Tapi gapapalah…..

Ini dia contoh barang dagangan yang barusan aku kulak dalam 2 hari ini. Kalo makanan pabrikan, bisaanya aku beli di indogrosir sebelah. Untungnya dekat pusat perkulakan, harga lumayan miring. Nah kalo macam jajan pasar dari home industry, aku harus belinya di pasar tradisional.

Well…. Gitu deh. Ada suka dukanya. Tidak ada benefit khusus buat aku, yang jelas aku bisa ambil ilmu berwirausaha dari sini.

Advertisements

7 Responses so far »

  1. 1

    estiningtyas said,

    diperbolehkan ya jualan snack di kantor ?

  2. 2

    Kalo ada dari dulu, ada yang ga sering pingsan deh, hahaha!

  3. 3

    inacw said,

    estiningtyas said: diperbolehkan ya jualan snack di kantor ?

    sebelum ada aturan nggak boleh dicoba akhirnya. lagian ini kan berjamaah satu dept.

  4. 4

    inacw said,

    laurentiadewi said: Kalo ada dari dulu, ada yang ga sering pingsan deh, hahaha!

    btw, udah dibelikan tandu lho…. masih baru! sayang si hobby pingsan dah cabut.

  5. 5

    Hahahahahhahahahahahahahaha! Eman2 dong, ga kepake :DAku jadi iling2 kasus pisang ituloh, hahahaha!

  6. 6

    inacw said,

    laurentiadewi said: Hahahahahhahahahahahahahaha! Eman2 dong, ga kepake :DAku jadi iling2 kasus pisang ituloh, hahahaha!

    klo cerita pisang itu sih udah jadi cerita abadi yang selalu kita ‘puja’ he he…. Walaupun, tukang pembawa pisangnya sudah cabut juga.

  7. 7

    Hahahaha!!! Ya, ya, itu aseli cerita keren, wekekekekk (abis kejadian, aku dikasih pisangnya 2x trus dia emoh2 bawa lagi :p). Ya masih hoki lah, sempet tau gimana rasanya, hehe!


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: