Alhamdulillah JAMSOSTEK Bakal Cair

Ceritanya, beberapa hari ini ndilalah aku baru sadar bahwa uang dari keanggotaan JAMSOSTEK yang aku punya dari 2 perusahaan sebelumnya akan bisa dicairkan bulan ini, mei 2012. Syukurlah sadarnya tepat waktu, beneran kemarin-kemarin nggak ingat sama sekali.

Yah, JAMSOSTEK baru bisa cair setelah keikutsertaan selama 5 tahun! Begitulah pernyataan si pegawai waktu aku telpon 4 tahun yang lalu. So walaupun keikutsertaan sudah berhenti, karena ternyata di perusahaan yang sekarang mendaftarkan aku dengan nomor baru , kita tetap nggak bisa mengambil hak jika belum lima tahun.

Bayangkan jika ada banyak orang yang keikutsertaannya nggak begitu lama lalu nggak mau pusing mengurusi pencairan dan atau kelupaan kapan bisa cair, uang itu lari kemana coba? Belum lagi kabar korupsi yang di media itu….. nggak rela lah. Walaupun, mungkin nilai uangnya nggak seberapa karena baru setahunan plus.

Kartu JAMSOSTEK-ku yang lama tercatat bekerja di 3 nama perusahaan yang berbeda, ocean – royal – rexam untuk rentang mei 2007~juli 2008. Zamannya ‘krisis’ sehingga harus terus hunting pekerjaan. Ocean dan royal sih sebenarnya satu perusahaan yang sama, pindah nama doank. Sedangkan 7 tahun di tempat sebelumnya bekerja, perusahaan nggak mengikutkan program yang satu ini.

Sejujurnya ada perasaan ketir-ketir bakal nggak bisa cair gara-garanya di perusahaan terakhir – rexam, aku belum mengantongi surat referensi kerja!. Seandainya kartu lama langsung dilanjutkan di perusahaan yang sekarang, masalah akan terselesaikan. Karena bakalan di perusahaan yang terakhirlah referensi diminta.

Sempet kepikiran mau minta tolong siapa yah? Sampai terbersit cara busuk (nggak juga sih), jika nanti sampai ruwet-ruwet rencananya aku mau nego orang dalam deh, setidaknya aku kasih berapa persen dari pencairan. Lha dari pada nggak keluar? Toh itu murni uangku yang dipotong dari gaji bulanan.

Aku juga sudah berusaha cari surat alternative. Kapan itu pernah managerku tanda tangan surat keterangan gaji waktu aplikasi kartu kredit. Lha suratnya udah aku uprek-uprek nggak nemu. Pikirku kali aja bisa dijadikan pengganti yang bisa menerangkan bahwa aku pernah bekerja di perusahaan ybs.

Lalu kemarin aku menelpon kembali kantor JAMSOSTEK mengenai persyaratan yang harus dipenuhi. Aku sampaikan ke pegawainya bahwa referensi yang terakhir tidak karuan, hilang. Solusinya apa? Dia pun menjawab boleh dengan surat kehilangan dari kepolisian. Asal data yang lain cocok. Haaaah nafas lega deh…. At least ada way out. Gampang kalau cuman minta di kepolisian.

Tapi, tetap saja aku kurang puas sebelum berusaha melalui jalur yang tepat alias mencoba meminta kembali surat referensi ke perusahaan lamaku.

Akhirnya siang tadi sebelum istirahat aku beranikan menelpon kantor lama. Setelah bersilaturrahim and sharing masalah ini ama ex teman se-departemen, aku pun disambungkan ke hrd. Deg deg-an takud hasilnya nggak berkenan, dalam hati langsung deh baca ayat-ayat doa biar si orang yang aku hadapi berbaik hati.

ibu Lili yah? Masih ingat saya bu? Saya ina yang dulu di Accounting, bawahannya pak xxx….”, sapaku membuka percakapan. Dan syukurlah beliau masih ingat. Si ibu heran tumben aku telpon, pasti ada perlu.

Memakai trik-nya Dale Carnegie, aku mengakui bahwa bersalah dan minta maaf dulu, istilahnya setor leher dulu deh. waktu itu ibu juga sudah menyampaikan bahwa jika jarak pengajuan resign kurang dari 1 bulan, maka referensi tidak akan diberikan. Dan saya menyetujui konsekwensi itu. Tetap keluar walaupun tanpa referensi. Tapi saya pikir lagi sekarang, kalau nggak diambil kan eman-eman bu? “ begitulah aku menyampaikannya ke beliau.

Beneran tanggapannya enak dan cooperative. Tanpa sanggahan diapun menyanggupinya untuk membuatkan keterangan pernah bekerja. Dia tanya lagi detail namaku, posisiku dan periode aku bekerja. Nanti suratnya akan dititipkan di pak satpam. Siiip, ku bilang nanti aku kirimi kue deh sebagai tanda terima kasih. Tapi beliaunya bilang nggak usah, jangan, malah nggak enak. Aku pun ngotot “ tapi kalo kuenya buat orang banyak nggak papa kan bu…?”

Alhamdulillah ya Allah…. Alhamdulillah……

Bagi yang mau mencairkan JAMSOSTEK juga, syaratnya berikut ini :

1. Membawa kartu keikutsertaan

Me- Menunjukkan ktp asli + fotocopy

2.Menunjukkan referensi kerja perusahaan terakhir asli + fotocopy

3. – Menunjukkan ksk asli + fotocopy

4. – Mengisi form nomor 5 untuk pencairan JHT di kantor JAMSOSTEK

Advertisements

8 Responses so far »

  1. 1

    faziazen said,

    alhamdulillah selamat ya

  2. 2

    sarahutami said,

    Mbak e..saya ada kesalahan nama di kantor lama. Fiuh. Bisa gak ya?

  3. 3

    Lumayaaaan bgt kl Jamsosteknya bisa cairThn 2009 aku mencairkan jamsostek selama kerja 7 tahun, lumayan bgt hasilnya 🙂

  4. 4

    drackpack said,

    Horeee makan-makan!

  5. 5

    inacw said,

    faziazen said: alhamdulillah selamat ya

    makasih…. finally kemarin udah aku urus. beres,

  6. 6

    inacw said,

    sarahutami said: Mbak e..saya ada kesalahan nama di kantor lama. Fiuh. Bisa gak ya?

    mmmhh… better telpon kantor jamsostek aja, nanyain jika seperti itu. palingan disuruh minta surat pernyataan / keterangan dari kantor lama bahwa memang ada kesalahan dalam mendaftarkan nama.but keikutsertaan kantor lama dilanjut gak?

  7. 7

    inacw said,

    kurniarachman said: Lumayaaaan bgt kl Jamsosteknya bisa cairThn 2009 aku mencairkan jamsostek selama kerja 7 tahun, lumayan bgt hasilnya 🙂

    weh, enaknya….. berarti sejak mulai kerja udah diikutkan jamsostek yah? senengnya kya terima arisan he he…

  8. 8

    inacw said,

    drackpack said: Horeee makan-makan!

    pastiiiiiii… pisan pisan makan yang keren he he…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: