Syukurlah Dia Ingat

Beberapa hari yang lalu, saat sedang berada di jalan, aku tiba-tiba teringat soal hutang-piutangku ke salah satu sepupu. Sudah lumayan lama juga, tapi benaran aku hampir lupa. Lali sak pleng-an. Aku tanya suami “ Lho waktu itu kita jadi kasih hutang ta? Kalau iya, sudah dikembalikan belum yah?”. Suami mengiyakan, tapi aku sendiri sudah tidak bisa mengingat berapa nominal yang aku kasih.

Aku coba mengingat-ingat lagi, insyallah benar bahwa waktu itu memang kasih dia hutang. Kebetulan momennya bareng kakakku punya hajat. Akhirnya aku ingat dia maunya pinjam nominal A tapi aku keberatan dan hanya sanggup kasih nominal B. Then dia deal untuk mengembalikannya dalam jangka 2-3 bulan.

Tapi, setelah itu aku lupa. Kalaupun kadang kami ketemu pas kebetulan ketemu, aku yah nggak pernah menanyakannya. Pernah mampir ke rumahnya juga nggak kepikiran sama sekali.

Setelah ingat itu, aku bilang ke suami mau meng-sms dia sekedar abang-abang lambe menanyakan soal ini, e’e malah dilarang. Nggak usah diminta katanya, suruh anggap shadaqoh ajah kalau dia lupa. Kalau aku minta nanti dikira pelit. Kasihan, kali aja keuangan dia belum longgar. Kalaupun gak balik, suami juga bilang agar dianggap aja sebagai rasa terimakasih karena pas bayinya kakak Farid sampai umur satu setengah tahun, dia-lah yang aku titipi momong sebelum punya ART yang bisa menginap.

Daaaaan, koq ndilalah sore ini dia datang ke rumah. Ada titipan telur ayam kampong dari ibu di Krian. Kayaknya dia habis dari sana. Trus, tiba-tiba dia menyinggung soal hutangnya dan meminta maaf belum bisa mengembalikan, uangnya katut terus. Anaknya yang sudah SMP itu baru aja minta dibelikan NoteBook. Walah.

Akhirnya aku pun cerita kalau sebenarnya lupa – lupa ingat soal hutang ini. Nominalnya pun nggak ingat pasti. Syukurlah dia jujur dengan menjelaskan kembali nominal yang aku hutangi waktu itu ( ternyata lebih besar dari yang aku ingat! ).

Dengan dia ‘ingat’ aja, aku sudah senang. Terserah lah mau dibayar kapan nggak jadi masalah buat aku…

Masih ada lagi seri hutang lainnya yang barengan sama ini sebenarnya. Yah, tetangga ibu-ku plus masih ‘bau’ saudara juga. Pas hajatan kakak itu, si tetangga bisik-bisik mau hutang buat nambah modal usaha tambal ban suami dia. Aku pun memberinya. Janji satu bulan, but kenyataannya meleset. Akhirnya setiap kali aku sowan ke rumah ibu, dia nggak berani nongol. Kayaknya sengaja ngumpet. Aku pun males nagih-nagih. Aku alihkan aja biar ortu yang nagih, kalau dibayar ya biar dipakai ortu buat jajan.

Hu uh… gini nih yang aku gak suka, urusan hutang-piutang memang sedikit bikin risih, apalagi kalau sama saudara. Seringnya aku sungkan, nggak tega kalau nagih, aku biarin sak nyaur-nyaur-e aja. Trus kalau ketemuan jadi nggak enak sendiri, dikira ntar nagih. Repot deh.

Tapi, pernah juga ada teman ex-sekantor yang kebetulan waktu itu masih pengantin baru menyampaikan niat hutang buat Down Paymen beli rumah. Entahlah waktu itu aku pun langsung menyanggupi walaupun nilainya lumayan besar. Kebetulan pas terima THR-an sih. Aku menaruh begitu besar kepercayaan ke dia dan optimis dia tidak bakalan ingkar janji. Malah dia bilang bersedia membayar bunga. Walah, ya enggak lah…. Dan syukurlah ternyata benar, dia menepati janji mengembalikannya tepat waktu. Katanya, sampai sekarang dia tidak pernah melupakan ini dan menganggap aku sudah berjasa sehingga dia bisa punya rumah.

Well… kepercayaan memang mahal harganya. Jangan pernah mengingkari janji, jangan pernah mengemplang hutang karena ini akan harus dipertanggung jawabkan sampai di akhirat nanti. Semoga kita selalu diberi kelapangan rejeki sehingga nggak sampai hutang ke orang lain, dan semoga pula saudara-saudara kita diberikan rejeki yang berlimpah sehingga nggak sampai harus menghutang ke kita.

** Ditulis pada 19 mei 2012 – selesai pukul 09;45PM di Taman Joyoboyo sambil nemani anak-anak main

12 Responses so far »

  1. 1

    solasfiana said,

    hutang memang akan ditagih sampai di akhirat, moga2 pengemplang hutang baca ini blog… like this mbak ^_^

  2. 2

    Baruuuu kamis kmrn ngejurnal jg soal ini, betapa byk orang yg lupa, pura2 lupa atau melupakan hutangnya :(Ada saudara yg hutang ke mama dari sejak belasan tahun lalu, tiap ditagih bilangnya ga punya uang pdhl bs nikahin 2 anak gadisnya, renov rumah, beli motorMalah merusak hubungan persaudaraan 😦

  3. 3

    bundananda said,

    aku jg bingung urusan utang ini.. mo nagih terus ga enak, tp yg ngutang kok ya gak tau2..

  4. 4

    enkoos said,

    Hutang sering membuat hubungan menjadi gak enak. Yang tadinya baik baik jadi pecah. Kalau gak dikasih dibilang pelit, dikasih kitanya kuatir gak dikembaliin. REpot ya.

  5. 5

    tintin1868 said,

    susah ya soal hutang hubungan sodara jadi gimana gitu.. setidaknya soal percaya yang harus dijaga.. iklaskan saja kalu emang belum bisa..

  6. 6

    inacw said,

    solasfiana said: hutang memang akan ditagih sampai di akhirat, moga2 pengemplang hutang baca ini blog… like this mbak ^_^

    mudah2an sadar mereka. tapi, jangan sampai sepupu saya baca ini, ntar saya jadi nggak enak he he…

  7. 7

    inacw said,

    kurniarachman said: Baruuuu kamis kmrn ngejurnal jg soal ini, betapa byk orang yg lupa, pura2 lupa atau melupakan hutangnya :(Ada saudara yg hutang ke mama dari sejak belasan tahun lalu, tiap ditagih bilangnya ga punya uang pdhl bs nikahin 2 anak gadisnya, renov rumah, beli motorMalah merusak hubungan persaudaraan 😦

    beneran deh bisa merusak hubungan klo urusannya ama saudara. bawaannya sakit hati klo ngelihat mereka bermewahan tapi sama kewajiban dilupakan.

  8. 8

    inacw said,

    bundananda said: aku jg bingung urusan utang ini.. mo nagih terus ga enak, tp yg ngutang kok ya gak tau2..

    ikut dihutangi sodara juga ceritanya? mungkin mereka pada mikir kita nggak butuh banget kali. tapi kan tetep mereka harus bayar kaaan?

  9. 9

    inacw said,

    enkoos said: Hutang sering membuat hubungan menjadi gak enak. Yang tadinya baik baik jadi pecah. Kalau gak dikasih dibilang pelit, dikasih kitanya kuatir gak dikembaliin. REpot ya.

    dalam kenyataan begitulah yang terjadi. klo dah gini, dosanya ke siapa coba?

  10. 10

    inacw said,

    tintin1868 said: susah ya soal hutang hubungan sodara jadi gimana gitu.. setidaknya soal percaya yang harus dijaga.. iklaskan saja kalu emang belum bisa..

    insyallah mbak, klo sampe bener2 gak balik yah pye maneh, berarti baliknya di akhirat buat tambahan pahala… but klo balik kan berarti masih rejeki.

  11. 11

    solasfiana said,

    inacw said: mudah2an sadar mereka. tapi, jangan sampai sepupu saya baca ini, ntar saya jadi nggak enak he he…

    sepupunya punya mp ngga, disetting contact only kan ini blog.. *jd ikutan ga enak*

  12. 12

    inacw said,

    solasfiana said: sepupunya punya mp ngga, disetting contact only kan ini blog.. *jd ikutan ga enak*

    nggak koq dia ga punya mp. lawong internet aja jarang nyentuh koq. gpp mbak biasa aja…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

