Ayam Ayam-an

Ayam-ayaman apa Ayam beneran ? He he… sebenarnya yah ayam beneran lah.

ini cerita ayam yang masih kanank-kanak punya duo jagoan aku. Warna warni! Si Kakak sebagai tuannya ayam Hijau, si Adik jadi tuannya ayam yang warna Orange.

Belinya  udah 2 mingguan yang lalu. Gara-gara nyari burung-burungan  ( eit yah burung beneran juga) tapi nggak ketemu, yaudah ngeliat ada penjual ayam warna warni, langsung deh dibeli. @ IDR 3500.  Namanya juga ayam buat sayang anak, alias buat mainan, makanya berwarna gitu biar menarik.

 

Dan, ternyata anak-anak antusias banget. Nggak rugi deh . si kakak juga sangat perhatian ngasih makanan atau minum si ayam. Kalau malam, dia pula yang masukkan kedalam. “ kasian diluat, nanti dimakan kucing..” gitu katanya kakak.

Dengan memelihara ayam ini, anak-anak jadi belajar mengamati perkembangan si peliharaan, dari hari ke hari. Mereka suka laporan ke emaknya tentang tingkah laku masing-masing ayam. Ayam orange sukanya lari-lari terus, kalo yang hijau sukanya diam aja, nggak aktif. Ayam yang ini suka matuk-matuk ke ayam satunya, blab la bla….

Ternyata punya ayam-ayam ini, besar sekali manfaatnya buat mereka belajar observasi, belajar mengikuti perkembangan sebuah makhluk hidup, sekaligus memahami prilakunya. Orang tua tinggal mengarahkan dan memberi tambahan penjelasan atas ‘temuan’ si anak.

Dan,yang paling penting adalah punya peliharaan ayam ini, bisa menumbuhkan rasa kasih sayang. Pernah kapan hari si ayam hijau terinjak kakinya oleh si kakak sendiri sampai nggak bisa jalan. Ngelihatnya jadi kasihan deh. Berangsur-angsur akhirnya bisa jalan tapi dingklang. Dan syukurlah sekarang sudah sembuh. Waktu masih sakit itu, si kakak seperti merasa bersalah dan aku suruh agar lebih memperhatikan dan menyayangi ayamnya. Si kakak juga bilang “ tadi pas sholat, aku berdoa sama Allah biar ayam ijo cepat sembuh”… *pinterrrr….

So, kelihatannya sepele, seekor ayam. Tapi, kalau dia dijadikan media pembelajaran, maka ilmu yang didapat si kecil sangatlah banyak!

Advertisements

5 Responses so far »

  1. 1

    prita said,

    itulah manfaat hewan peliharaan untuk anak2. Lucu memang anak2 ayam yang diwarnai bulunya itu. Meskipun kita tidak tahu apakah perbuatan mewarnai bulu itu menyiksa atau tidak buat si anak ayam. Tapi kelihatan ya, setelah bulu ayamnya tumbuh warnanya jadi putih. Semoga ayam2 ini tetap bertahan sampai dewasa…..

  2. 3

    URL said,

    … [Trackback]…

    […] Find More Informations here: inacw.wordpress.com/2012/09/30/ayam-ayam-an/ […]…

  3. 4

    Rusiawan said,

    Cara warnain ayam kayak Gini sadis woi! Ayam di warnai pas masih jadi telur yaitu disuntikin pewarna tekstil jadi ayam Nggak tahan lama dan Suka pusing jadi jangan beli ayam kayak Gini lagi.

    • 5

      Ina said,

      Hah? Gtu kah caranya? Kirain dicelupin setelah lahiran. ..eit, netes kamsudku.
      Ih nggak ngerti aku mas, yawdah ntar nggak kasih beli anakku deh


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: