Serabi nDeSo

Mumpung liburan…. Males masak pagi-pagi. Palagi sisa nasi kemarin lumayan banyak, bikin nggak mood masak ajah. Nasi klo sudah ‘menginap’, rasanya menghilang. Jadi paling cocok mah cuman digoreng.

Muncul ide pengen beli Serabi, si makanan jadul. Memang banyak sih sekarang macam-macam kreasi serabi, dengan cetakan yang makin praktis aja.

Tapi, aku mau serabi yang jadul itu… Serabi yang rasanya original seperti yang aku kenal pas kecil dulu. Dan hanya bisa didapat di desa. Untungnya sekarang aku udah pindah di desa he he he…

Sudah sering beli di Ibu penjual ini, terutama jika pas sambang orang tua. Dan setelah pindahan disini, baru kali ini deh berkesempatan beli di ibu yang ini. Sambil nyari udara segar di jalur persawahan……

Datang sudah ada yang ngantri. Cuman nunggu satu orang aja tapi lamanya minta ampun. Terus aku lihat dia mengeluarkan kocek Rp. 10,000. Masih lupa-lupa ingat sih harga per bijinya. Sudah dibungkus sepuluh biji, lha koq nggak selesai juga? Oalah ternyata masih Rp. 500 per biji…. Maklum aja lama lawong dia beli 20 biji. Ih, murah banget tuh, padahal ditempat lain kapan hari beli udah seribu per biji.

Yang bikin special Serabi ini karena masaknya pakai kayu bakar. Bukan kompor gas! Beda lho dilidah…

Dan bukan dicetak dengan cetakan Teflon atau alat modern sekarang, melainkan dengan wajan jadul yang ndeso pula he he…

 

Ini dia Serabi kesukaanku. Gambar diambil pas sudah sampai rumah. Sisa cuman 4 biji. tadi udah dimakan di jalan, di depan sawah sambil lihat pemandangan padi beserta pak tani yang sedang bekerja. Penampakan biasa aja, tapi rasanya mantap abis….. Dimakan dengan kuah santan yang sudah ditaburi gula. Gurih banget.

 

Kali aja ada yang mau bikin Serabi sendiri, ini aku carikan di google aja yah. Tadi nggak sempet nanya resep sama si Ibu. Kalo aku mah males bikin sendiri, karena aku mau yang rasa nDeSo yang nggak mungkin aku sediain kayu bakarnya atau wajan keraknya.

Resep  Bahan Adonan Dasar Serabi :

tepung beras 200 gram

tepung terigu 100 gram

santan 600 ml, dari 1 butir kelapa

kelapa muda parut memanjang 150 gram

gula pasir 2 sendok makan

garam 1/2 sendok teh

Cara Membuat Adonan Dasar Serabi :

Campurkan tepung beras bersama santan, setelah merata diamkan selama 30 menit, lalu tambahkan sisa bahan lainnya.

Panaskan cetekan serabi/wajan kecil, tuang adonan sebanyak 1 sendok makan, tambahkan adonan perasa di atasnya.

Masak hingga kering (adonan masak), angkat. Sajikan.

Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1434 Hijriah. Semoga tahun ini amal ibadah kita makin giat deh.

Advertisements

52 Responses so far »

  1. 1

    nengwie said,

    oohh di Indonesia libur tahun baru Hijriyah yaa…

    Serabi oohh serabiiii…. atau Surabi ooh Surabi kata urang Sunda mah, sukanya pakai sambel oncom di atasnya, yg neko2 mah ndak suka.
    Pengen bikin, tp hrs punya “penggorengan” yg cekung, dan itu susaah carinya krn kompornya rata.. 😦

    • 2

      Ina said,

      iyya… liburnya panjang bagi PNS/pegawai Bank karena besok adalah cuti bersama yang disarankan pemerintah, trus lanjut sabtu minggu. aku mah pemerintah India mbak he he …
      Serabi pke oncom? sayur kan? berarti nggak manis tuh.

      disono susah yah cari yg cekung? apalagi cekung kecil. disana nggak ada yg hobby minyak sih … designnya yg rata aja buat oles margarine doank.

  2. 8

    AmeL said,

    paling suka searbi soloo..lebih enak.. apalagi topingnya nangka atau pisang.. deket rumah ada tuh yg jual serabi solo tp mahiilnya..satunya 2rb! kl di jogja harganya masih seribu

  3. 10

    yang ditaburi pakai meses coklat enak 😀

  4. 14

    yantist said,

    pengin euy.. makasih ya mbak udah nyantumin resepnya 😀

  5. 18

    abi_gilang said,

    Ditempat akang nggak pake wajan besi tetapi dari tanah liat, penampakannya sama hanya saja nggak pake gula tetapi pake sambel oncom (seperti kata Dewi tuh…!)

    • 19

      Ina said,

      harusnya yg jadul aseli pke wajan tanah liat yah… jadinya nggak kategori kue klo pedes gitu , kan gak manis…
      masih sering makan kah?

  6. 20

    Ely Meyer said,

    hu hu hu hu .. lihat yg jual serabi jadi pengen juga … emang beda sekali mbak rasanya kalau di masak langsung spt di atas 🙂

  7. 22

    efinfintiana said,

    kapan-kapan bikin ah…

  8. 24

    novianadewi said,

    Serabi kampung itu makanan yg pasti kucari kalo mudik ke Tasik. Yg pake oncom tuh kayak yg dibilang Teh Dewi.

    Pernah coba bikin sendiri. Sampe beli wajan tanah liatnya segala. Tapi mungkin karena bikinnya pake kompor gas, rasanya tetep nggak semantap yg asli yg pake kayu bakar masaknya.

    • 25

      Ina said,

      WUIK… Belain beli wajan tanah segala…. ntar2 beli kayu bakarnya mbak biar rasa jadi mirip * repotnyaaa….

      semua pada bilang serabi ama oncom pedas, jadi penasaran pengen nyoba deh. tapi adanya di jawa barat sana yak?

  9. 26

    ayanapunya said,

    bikinnya masih tradisional banget yak 🙂

  10. 29

    prita said,

    justru wajan hitam sama bau kayu bakar itu yang tak tertandingi ya…. Penjualnya harus dilestarikan. Jangan sampai punah. Caranya dengan kaderisasi.

  11. 31

    Agamfat said,

    di Ciputat-Pamulang ada kedai serabi gaul ala bandung yg ramenya minta ampun sama anak2 muda. minggu lalu mampir ke sana, mesen serabi sama dim sum sebelahnya. dim sum mantabs, serabi ya cukup enak, tapi masih heran kenapa orang berduyun2 datang ke situ. padahal lalernya banyak banget

  12. 35

    ahmad fauzi said,

    aku arep mba….

    dulu ditempatku ada nini2 yang jualan…

    pasienya banyak …

    **ups pasien**dijitak mba Ina 😛 **

  13. 38

    Yudhi Hendro said,

    Kalau disantap pagi-pagi ditambah segelas teh hangat, rasanya maknyus, mbak. 🙂

  14. 42

    Ikakoentjoro said,

    Mau coba ah,, aku seneng banget sama srabi. Untung saya hidup dikampung, masih ada tuch penggorengan yang dari tanah.

  15. 45

    sarip2hamid said,

    aduhhh beneran makan njadul tuhhh
    Biasa dulu pas kecil Ibu aku suka bikin kalo lagi iseng dan ada waktu senggang. klo aku makan serabi itu sama goreng tempe aja dehh ,. hah enak juga kok,. 🙂

  16. 50

    mintarsih28 said,

    meski sekarang aku ajeg gak pindah rumah, desa. sudah tidak bisa beli serabi ndeso soale yang jualan dulu sudah tua dan tak punya generasi baru


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: