Politik Kantor

Bismillah, ini tulisan pertamaku di tahun 2013.

 

Masih keingat obrolan teman-teman pas di mobil antar jemput tadi. entah mulainya dari mana, akhirnya kami membahas ‘politik’ yang sedang terjadi di kantor. Gitulah para pekerja, tidak terlepas dari kebiasaan menggosip(baca:diskusi) para pembesar kantor, karena ini selalu jadi bahasan menarik sepanjang masa.

 

Setelah salah satu kawan turun, aku masih belum puas, ada yang kurang. Dari pada ngganjel , akhirnya aku WA si kawan melanjutkan bahasan di mobil.

Mumpung masih anget. Tadi kayae salah ‘baca’ deh…. Karena mister V CS-nya mister A, makanya posisi itu dikasihkan, coz mister K ga cocok n ga kompeten dimata mister A. Nah mister V ini bakal dikemas sebagai mister A kayak masa lalu…. Bla bla….”,.

Duh ngegosip mulu, lalar gawene se… tapi memang apa yang terjadi, peta politik di kancah kepemimpinan sangatlah bisa terbaca dimata pegawai.

 

Kawan-kawan tadi juga bilang, jika lokomotif keretanya baru, biasanya mau bawa gerbong baru juga, karena gerbong lama udah jelek, pada berkarat he he… J

Memang benar, itulah yang sering terjadi. Jika kepemimpinan berganti, biasanya banyak yang berubah. Mungkin style memimpin, cara kerja, aturan-aturan baru. Kalau sudah menthok dan nggak bisa menahan diri lebih lama, pilihannya yah dada….. Bahkan sudah tidak terhitung deh berapa staff yang sudah resign dalam 2 tahun terakhir. Orang yang puluhan tahun disini ‘rela’ untuk meninggalkan. Hiks… akhirnya aku yang tergolong baru sudah jadi kawak.

 

Pimpinan baru, suasana pun baru. Biasanya orang akan sibuk pencitraan, agar lebih dikenal dan mendapatkan  ‘hati’ sang pimpinan. Bisa jadi dulu seseorang sebagai orang penting, tapi setelah pimpinan baru, semuanya jadi biasa-biasa. Si pimpinan tidak akan tahu kiprah dan prestasi yang sudah pernah kita buat. Tapi untuk sudut pandang pegawai baru, perubahan kepemimpinan akan member keuntungan tersendiri. Ya itu tadi : pencitraan. Dia bisa memulai menunjukkan eksistensinya, si pimpinan akan menganggap sama anak baru dan anak lama. Kalau si anak baru berhasil memberi  ide-ide yang ‘terlihat’ seperti baru, si pemimpin baru bisa jadi melihat bahwa orang baru lebih potensial dari orang lama.

 

Biasanya pimpinan akan lebih suka dengan yang baru, selain karena lebih mudah diwarnai, juga lebih menurut. Walhasil jika akhirnya pada saat para senior mengajukan resign, mereka pun santai “ new comer, new color

 

Jadi ingat cerita perusahaan sebelah, sebuah perusahaan keluarga. Orang-orang cerita, karena ketidakcocokan akhirnya salah satu anggota keluarga keluar dari perusahaan dan mendirikan sendiri. Apa yang terjadi? semua pegawai yang dianggap sebagai “orangnya” dibuat bagaimana caranya agar tidak kerasan dan finally mengundurkan diri.kejam.

 

Well… terserah aja mau dibawa kemana ‘kereta’-nya, Biarlah deh si A mengganti si B, si C didepak lalu cari si D, F boloan ama G, ini plek itu musuh… halah, babah…..sebagai pegawai biasa nggak usah ruwet-ruwet mikir. Yang penting tanggal dualima ATM penuh. Titik.

Advertisements

16 Responses so far »

  1. 1

    Wong Cilik said,

    memang pusing kalau sudah masalah politik gitu …

  2. 3

    tinsyam said,

    aha yang gajian tgl 25..
    politik emang kejam kalu pelakunya begitu.. politik sendiri ga kejam sih ya..

    • 4

      Ina said,

      kemarin malah maju tgl duasatu mbak soale pas tgl abang, tapi tambah cepat kehabisan di tgl tuanya ntar.
      politik klo di perush pmdn bisa lebih kejam deh karena mereka melibatkan ‘makhluk’ lain he he…

  3. 5

    Erit07 said,

    Haha,politik. .
    #Bingung

  4. 7

    danirachmat said,

    Politik kantor emang seringkalibikin ga nyaman kita Mba Ina. Dulu keluar dari kerjaan lama karena politikkantornya begitu berimbas ke anak buah. Heheheheh

  5. 11

    BuPeb said,

    Yang penting tanggal dualima ATM penuh. Titik.
    kalau aku yg penting tanggal 31 :p

  6. 13

    afan said,

    masalah klasik. dimana2 sama. yang penting gajian dan kerjaan selesai
    satu lagi : libur gak di ganggu hhehehehee.

  7. 15

    thetrueideas said,

    ternyata di dalam kantor pun…ada politiknya!


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: