Kembali Beraktivitas, Ke Pasar Hewan

Dalam semingguan ini kurang aktif ber-wepe ria, berasanya lamaaa banget. Jadi maaf kalo ada komen yang telat banget merespon balik. Selain masa recovery sehabis sakit kemarin, aku juga dah mulai masuk kerja. Tanggal laporan lagi. Pikirku walopun belum bisa menuangkan ide, at least bisa koman-komen. Tapi koq yah koneksi internet kenapa lambat banget, entah wepe yang masalah ato koneksi aku yah. Ujung-ujungnya error, sampe gregetan deh.

So, Alhamdulillah banget sudah sehat. Insyallah ndak ada lagi keluhan perut. Walaupun katanya sakit thypus tuh harus istirahat yang laaaamaaa dan paaanjaaaang, tapi… yah mana mungkin? DIpasrahkan kepada-Nya dan ikhtiar. Bismillah, sambil selalu memanjatkan doa semoga Allah memberi kesehatan selalu, insyallah aktivitas sudah normal kembali. Makan juga sudah normal, tapi masih aku hindari pedas dan kecut. Nggak berani asal beli makanan diluar, takud ‘berontak’ lagi yang didalam perut…. *usus maksudnya.

Well… pagi ini ke pasar hewan, pasar yang isinya hewan hidup untuk diperdagangkan. Rencana beli ayam kampung dan disembelihkan disitu. Tapi setelah pilih-pilih, rencana berubah jadi beli ayam soto-an. Ada yang nggak ngerti ayam sotoan? Yang jelas yah ayam, cuman ini adalah ayam petelur yang sudah apkir. Dagingnya lebih a lot (keras), nggak lembek kayak ayam broiler pedaging yang cuman umur pendek itu.
Si tukang ayam bilang “Rata-rata pedagang soto beli ayam ini trus dicampur sama ayam arab. Kalo nggak pake ayam ini katanya kurang sedap”. Yah, maklum kalo pakai ayam kampong/ayam jawa harganya kan selangit.
2013-02-03 08.27.10
Memang nggak diragukan lagi kalo ayam kampung, insyallah lebih aman dan lebih bergizi, jauh dari penyakit. Karena kan makanannya alamai plus hidupnya di-cul alias liar. Jalan-jalan mulu kerjaannya, makanya rasa dagingnya pun gurih karena si otot biasa fitness 🙂 .
But ayam apkir ama ayam pedaging ‘instan’ , kira-kira masih mending yang mana sih… maemannya sama-sama pur, but lebih variatif ayam petelur kayaknya. Umurnya juga lebih lama petelur, 2 tahunan kalo nggak salah. * maklum dulu keluarga pernah punya usaha ayam petelur.
But Kalo pedaging umurnya sekitar sebulan (5-6 Minggu), malah ada yang cuman 23 hari doank siap konsumsi. Hiii… bisa dibayangkan obat instan apa aja yang sudah disuntikkan. Trus kalo udah masuk ke tubuh ini piye?

Oya, selain ayam soto-an tadi, aku juga beli Bebek. Langsung dipotongkan di lokasi juga. Lumayan, dari pada selalu beli… harga di warung mahal oeuy! Ntar deh klo udah sempat, langsung dibumbu ungkep, disimpan di kulkas, siap goring setiap saat. Jatuhnya kan murah meriah.

1 ekor bebek tadi IDR 22,000 , Ayamnya 1 ekor IDR 30,000. Ongkos potong @ IDR 1,000
Kapan-kapan beli ayam dara ah, kayaknya koq enak dimasak panggang ayam.

Selamat berhari minggu semuanya 🙂

Advertisements

24 Responses so far »

  1. 1

    danirachmat said,

    ngiler mbayangke soto Lamongan yang di Surabaya Mba Ina. Hmmm… *lha kok OOT

  2. 5

    Ely Meyer said,

    Ditunggu foto ayam dan bebeknya yg sdh matang ya mbak 😛 *ngarep*

  3. 7

    jampang said,

    ayam yang di fastfood itu kan dagingnya besar2 yah…. disuntik juga kah?

  4. 8

    thetrueideas said,

    ayam arab itu kayak gimana yaaa…

    • 9

      Ina said,

      waduh saya sendiri belum pernah tahu. cuman yg sering denger kan telur ayam arab. tuh telurnya persis kaya telur kampung, warnanya putih. harga harusnya lebih murah. jadi suka terkecoh deh padahal yg biasa dicari orang buat jamu kan telur kampung asli.

  5. 10

    Yudhi Hendro said,

    aku yo lebih suka ayam kampung. lebih enak dan sehat daripada ayam putih/pedaging. kalau makan ayam putih sering alergi gatal2. mungkin karena kebanyakan disuntik ya mbak.

  6. 12

    Ikakoentjoro said,

    Kenapa ndak beli yang udah potongan wae mbak. *orangmales.com* 😀

  7. 15

    Mbak Ina saya bagi award ke Mbak tu,,,,
    Cek ke TKP yak,,
    http://inilahduniamita.wordpress.com/2013/02/04/award/
    salam blogger 😀

  8. 17

    febrian hadi said,

    sama mbak, sudah hampir 2 minggu saya ga bisa login ke wepe.
    Kenapa ya?

  9. 23

    mintarsih28 said,

    wah tempat mbak ini lebih murah dr di kudus ayam merah/soto 35 ribu. pingin bebeknya mbak ina.

    • 24

      Ina said,

      selisih 5ribu? padahal perasaan besar banget badannya. malah ada telurnya mbak di dalam. trus ada 3 kuning telur yg siap jadi telur. plus bulatan2 calon kuning telur buantak. klo sempat kutunjukin potonya deh


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: