Es Janggelan

Es yang satu ini adalah es yang paling lama aku kenal. Dibanding jenis es lain-lainnya macam Es Campur , Es Krim , apalagi Es Oyen. Dulu waktu masih kecil, kalo habis pulang sekolah gitu, biasanya bawa gelas ke warung buat beli Es Janggel ini. Di kampong mah jualnya Es yang murah-murah. Level Es campur gitu biasanya sih harus ke pasar dulu (baca : pusat kota). Jangan harap ada warung jual Krim di kampung-kampungjaman dulu. Sekarang mah dimana-mana, belum yang lewat-lewat… Teeer re reeet… te re re re re reeeetttt…… *jinggel pedelpop

Sebenarnya nggak ada rencana bikin minuman ini. Gara-gara ‘resah’ ngelihat gula yang kapan dibeli dari warung lha koq ternyata warnanya coklat mbulak. Kempel sisan. Trus ada beberapa semut besar didalamnya. Dibuang? Ah sayang banget, satu kilo ee…. So, aku akali dimasak aja ntar disimpan di kulkas. Pas memasaknya, timbul ide sekalian dicampur gula bathok ( gula kelapa yang dipadatkan). Berarti cocoknya mah buat janggelan aja.

Maksud hati beli janggelannya kapan-kapan aja. Yang penting gula cair disimpan, trus berangkat jalan-jalan ke Surabaya. Ee, lha koq para krucils lebih tertarik mainan ama teman-temannya sekalian PS-an di depan. Susah deh sekarang ngajak anak-anak jalan. Udah punya ‘komunitas’ sendiri itu loh… ya masak berduaan jalan sendiri ama misua, kasian juga kan kalo ditinggal.

Dari pada – dari pada di rumah doank, yaudah ke pasar aja beli Janggelan sekarang sekalian beli beberapa bahan kue. Buat persiapan jika ada ide dan semangat mendadak buat aneka creativity. Daaan seperti biasa juga, ada aja yang lain-lain nggak terencana ikutan dibeli.

So, ini dia Es Janggelan gula jawa. Minuman jadul yang tetap mempesonaku. Dengan bikin sendiri, gulanya kita yakin gula aseli! katanya sih bagus buat adem-ademan, plus bagi yang sedang haid katanya pula tuh, bisa bikin lancar keluarnya.

100_6345 100_6344
Happy Sunday…..

Advertisements

47 Responses so far »

  1. 1

    Ely Meyer said,

    baru tahu mbak ada es janggelan 😛
    itu yg hitam hitam cincau ya mbak ?

  2. 5

    Erit07 said,

    Saya jg baru tau ada es janggelan…
    kayaknya enak tuh…

  3. 7

    mintarsih28 said,

    waktu kecil pas panen kedelai “ngedek delei” suguhane es cao mbak ina. es iki sek sllalu ku tunggu

    • 8

      Ina said,

      segernya khas he he…
      btw ngedek dele, rada asing yah… apa karena gak banyak yg nanam dele di kampungku dulu, jadi gak familier istilah itu.

  4. 9

    sakura suri said,

    itu yang item-item cingcau bukan?
    kayanya rasanya manis banget yaaa…

    • 10

      Ina said,

      emang… nama janggelan adalah nama jadulnya. baru denger yah nama itu? rasanya ada nuansa kelapanya, karena pake gula bathok itu. rada gelap warnanya bukan karena banyak gula juga, but cincaunya juga nyumbang gelap tuh…

  5. 11

    Julie Utami said,

    Nak Ina, enak maneh es cao ijo halah seger tenan!

    • 12

      Ina said,

      cao ijo Bun? baru bbrp tahun ini di surabaya banyak yg jual cao ijo. gak pernh coba juga. tapi kayaknya di daerah sini kurang banyak yg suka. buktinya aku amati setelah itu pedagang bahan minuman itu gak jualan cao ijo.
      klo yg ijo dari bahan apa yah kira-kira…

  6. 13

    kishandono said,

    saya kenalnya juga es cao. kalo jaman kecil dulu paling seneng sama es nong nong

  7. 15

    terajana.com said,

    es cao ini mah namanya :@

  8. 17

    Yudhi Hendro said,

    awalnya aku bingung, apa itu es janggelan?. untung mbak Ina tampilkan fotonya, jadi ingat dulu waktu kecil suka beli es cao sama petis kangkung atau rujak petis.

  9. 19

    Es Jenggelan???
    Lain tempat lain nama ya mbak, kalo dikampung saya namanya es cincau 😆

  10. 22

    saya mw lho mbak es janggelannya…. 😀

  11. 29

    winnymarch said,

    enaknya es koteng
    salam kenal yah
    follow balik yah 🙂

  12. 33

    febrian hadi said,

    Paling sering dimakan saat buka puasa 😀

  13. 35

    tinsyam said,

    oohh 11-12 sama es cincau toh.. di rumah mama ada pohonnya loh tinggal peres tuh daun dan jadi cincau hijau..
    yang ini hitam ya.. jadi pengen juga deh..

    • 36

      Ina said,

      aku sendiri penasaran mbak, cincau hitam tuh dari bahan apa yah? klo hijau mah langsung yakin mungkin memang dedaunan.
      yg hijau kayak apa yah daunnya…

  14. 37

    tinsyam said,

    ehiya, gulanya masih banyak nih disimpen di kulkas? jadi buat esbuah yang lain..

  15. 39

    Solochanger said,

    wah, singa2 gini baca postingan es.
    segerrr 😉

  16. 41

    jampang said,

    itu cendol yg warna hitam kotak2 yah?

    • 42

      Ina said,

      Cao mas. Cincau…. beda kan ama cendol? cendol idem dawet kan? pernah ngrasain belum?

      • 43

        jampang said,

        cendol yg saya tahu ada dua macam… yg mirip sama dawet. kalau cincau warnanya hijau dan nggak dipotong kotak2. kalau cendol hitam yg kotak2…. yg ada di es campur.

        beda nama aja kali yah 😀

  17. 44

    tikno said,

    mantaf….

  18. 46

    Cao la 99 emang beda rasanya..silahkancoba…paaaaaasti ketagihan dech….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: