Koq becik tho Wang…

Teman-temin pasti denger donk di berita, kayak apa harga Bawang sekarang. Termasuk jadi korban nggak? Atau, ga ngefek blas?

Well…Apapun penyebabnya, yang jelas Bawang sekarang mahal, banget!. Kabarnya kan ada daerah yang sampe tembus harga seratus ribu per kilo. Gendeng bek’e…. masak seperempat aja dua lima sendiri. Tahu gitu enakan jadi petani bawang aja yah, pasti sekarang ini bisa kaya mendadak.

Secara aku, bawang memang bukan buat kudapan, insyallah nggak punya kolesterol koq. Bawang cuman buat masak aja, seperti para ibu lainnya. Padahal juga tuh, biasanya pemakaian bawang seringnya bersanding dengan brambang ( hayoo siapa yang masih bingung bawang-ama brambang?). dan klo aku pemakaian Bawang Brambang biasanya 1:2. Jadi masih banyakan brambang. Tapi tuh brambang juga naik lho harganya. Gimana cobak? Masak sendiri pun sekarang jadi high cost.

Biasanya klo beli bawang minimal setengah kilo, dan selalu mau yang jenis kating. Itu tuh yang kwalitasnya bagus, rasanya pasti lebih mantap. Harganya juga mantap, selalu lebih mahal dari bawang yang biasa. Terpaksa karena awang-awangen ngeliat harganya, beberapa hari lalu beli bawang cuman 4 bonggol, ngecer. Belinya pun yang biasa aja, nggak lagi idealis yang kw1.

Efek harga bawang makin berasa aja karena aku tuh suka royal ama bumbu. Mungkin klo koki yang dahpinter dengan bumbu sedikit aja sudah mak hhmmmm sedapnya…… but berhubung aku belum pinter-pinter banget, jadi ngasih bumbu pun suka berlebih. Konserpatip, takud anyep, alias nggak berasa he he he…

Sebenarnya bisa diakali dengan bumbu jadi aja. Walaupun kabarnya yang bumbu jadipun harganya ikutan naik sih. Tapi, bagiku ini bukan pilihan. Aku nggak sreg pake bumbu jadi. Sampai sekarang hanya menu Rawon yang bumbunya beli jadi. Lainnya enakan ngulek sendiri, lebih mak nyuss.

So, adakah cara untuk menghindari pemakaian Bawang?

PS: Ngomong-ngomong, Nasi Goreng sekarang dihargai berapa yah…. Mereka kan banyakan bumbunya ‘main’ di bawang.

Advertisements

30 Responses so far »

  1. 1

    yantist said,

    saya baca status teman makan tongseng naik 2 ribu mbak. Saya juga boros bawang kalau bikin bumbu mbak 😦
    Menghindari MSG jadi ga masukin r*yco, ma*ako dan teman2, jadinya main di bawang deh buat rasanya nendang..
    Di sini tadi bawang merah 50 ribu, bawang putih 60 ribu. Moga cepat kembali normal ya mbak..

    • 2

      Ina said,

      skrg kisaran harga memang 60rban. dan benar2 jadi issu nasional. gimana nggak, emang ini jadi kemelut di dapur sih…
      saa mbak, aku menghindari msg (biar awet hidup he he..), caranya emang jadi boros bumbu.

  2. 3

    Erit07 said,

    Bawang naik???
    ketinggalan info,saya…

  3. 5

    nengwie said,

    Mbak Ina, kalau cuma tumis2 pakai bombay saja, nasgor jg enak pakai bombay, saya biasa pakai bombay, tp ya buat masakan indo yg ribet, saya baru beli bawang kaya di Indo, mahal juga 8 biji itu 1 euro, gantinya? Bawang schalotten, bawang merah yg besar dan lonjong.
    Ayoo nanti makin kreatip mengolah masakan dgn sedikit bawang 🙂

    • 6

      Ina said,

      bawang bombay? keknya harus cek dulu harganya deh. mudah2an nggak ikut meroket.
      bombay biasa aku pake buat capcay, masak2an lain masih bwg merah lokal.

      kpn hari bikin nasgor aku kurangi bumbunya e e ternyata anyepp terpaksa aku taburi sisa bwg goreng(beli jadi), yah… sama aja deh.

      • 7

        nengwie said,

        Coba saja, nasi goreng pakai bawang bombay juga enak, wangi ko..soalnya saya mah terbiasa pakai bawang bombay mbak Ina, kecuali ya bikin Opor, kari gulai, atau sayuran Indo banget.

        Tumis2 tahu..tempe..pake atau ngga pake kecap, bisa ko mbak pakai Bombay, tumis yang wangi saja.
        Mudah2an saja itu Bombay ngga ikiu nge’bom’ juga 🙂

      • 8

        Ina said,

        siiip. okeh siap dipraktekkan!
        btw aku senengnya ma bombay kan semi2 kya sayur gitu… jadi ya sbg bumbu ya sbg sayur. selain buat capje , biasanya buat burger doank. jarang buat lainnya.

        kapan itu beli bombay yang ukuran sedang 2rb per biji. its ok…

  4. 9

    Dunia Ely said,

    nggak pengen nanam bawang sendiri mbak ? 😛

  5. 11

    Yudhi Hendro said,

    petani bawang jadi kaya mendadak, mbak 🙂

  6. 13

    Bawang merah n bawang putih lagi akur mahalnya 😆

  7. 15

    jampang said,

    nasi uduk di rumah juga pake bawang nih…. tapi denger berita udah mualai turun lagi

    • 16

      Ina said,

      nasi uduk yg mirip nasi kuning kan? klo nasi kuning ingetku cuman pke kunir ama santen plus daun jeruk. beda bumbu yah ? kirain beda warna doank

      • 17

        jampang said,

        bawang goreng…. buat ditaburi di atas nasi uduk, mbak…. biar tambah enak.

        nasi kuning di betawi itu beda…. sebutannya nasi…. padahal bahannya dari ketan 😀

      • 18

        Ina said,

        ohh… buat taburan yah. iya aku ingat, biar tambah cantik juga penyajiannya.

        lha ‘nasi’ kuning tapi dari ketan ? oalah… pengetahuan baru nih. rasanya kya lemper berwarna deh.

  8. 19

    iya maren baca di ciawi bawang udah 125ribu sekilonya.. daku awal bulan udah belanja bawang dua kilo, jadi blom terimbas deh sama harga bawang yang gilagilaan ini, minggu depan kayanya turun lagi.. edan aja..
    banyak kog makanan ga pake bawang.. ayam gordon blue, drumstik, steam ayam, cuma garam lada tuh udah enak banget.. ato sate dan ikan bakar, cuma kecap dan garam..
    sayur ya rebus aja.. makan pake sambel terasi ga pake bawang juga bisa..

    • 20

      Ina said,

      klo harga segitu mending ngempet gak masak berbawang lah. akan lebih bijak bila cari alternatip lain.
      mulai kemarin mulai turun nih beritanya. tapi nggak beli dulu sampe bener2 habis stokku.
      mbak Tin sekali beli 2 kilo? banyak amir mbak? nggak takud rusak? buat berapa minggu tuh. klo bawang max beli 1 kg lah. 2 kilo udah kebanyakan buat sayah. tapi ada hikmahnya yah nyetok banyak.
      waduh mbak, aku koq gak kenal ayam gordon, apalagi ada blue-blue nya. masak ayam warna biru gitu? duh, oon deh

  9. 21

    Harga nasi goreng di Padang masih kisaran biasa sih, mbak :mrgreen: tapi ga tu juga sih kdepannya. E btw, blm tntu jg petani bawangnya kaya, mbak. soalnya da kabar juga kalau bibitnya itu yg mahel 😦

  10. 23

    jaraway said,

    kemarin liat di tipi cara bikin nasgor ‘prihatin’ tanpa bawang… hihi
    pake cabe, ebi, saus tiram, merica ama daun bawang..

  11. 27

    diah indri said,

    Yg untung yg dagang katanya mbak
    Soalnya petani sistemnya tebas. Bawang blm nongol udah di ‘jual’ dgn hrg saat itu.

    Ada yg kena banjir, trus di daerah tegal katanya pada beralih jadi petani padi. Plus setop impor. Jadilah harganya bikinn keliyengan -_-

    • 28

      Ina said,

      iya iya, bener untung pedagang grosirnya.
      kemarin beli seperempat masih rada mahal, apalagi yg kating. dan si bawang putih malah yg gantian merangkak naik. wes wes… beli dikit di wet wet deh.

      itu pemerintah itung2annya bleset sih. klo diperkirakan ga bakal mencukupi dengan pertimbangan cuaca dan segala resiko gagal panennya, harusnya yah import diijinkan dunk.

  12. 29

    BOCAH NDESO said,

    Rilek,s santai and happy” @:-D


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: