Badai Segera Berlalu

Alhamdulillah akhirnya bisa menulis kembali. Swear, kangeeen banget ama blogging.

Siapa sangka setelah jurnal terakhirku yang bercerita kepalaku terbentur sampe dua kali pada pagi itu, ternyata menjadi ‘pertanda’ buruk di siangnya 😦

03 April 2013. Sekitar jam 10;30 wib aku mendapat telpon dari atasan suamiku. Deg, tumben. “ Mbak, Mas Khoirul terkena kecelakaan di lokasi pekerjaan. Sekarang sudah dibawa ke Rumah Sakit”. Langsung nggak konsen. Pikiran resah, sedih, campur aduk.

Belum sampai aku menyusul, HRD-nya telpon bahwa misua dirujuk ke RSUD Dr. Soetomo. Aku disuruh langsung menuju kesana. “Waduh, ini artinya parah”, pikirku. Mereka semua tidak menceritakan seperti apa. “Tidak apa-apa koq, cepat datang yah Mbak

Yup, hari itu misua aku telah mengalami kecelakaan Yang jelas kondisi luka yang ada terbuka lebar dimana daging /otot terurai (tergerus) di bagian paha sampai kaki yang disertai tulang kaki kanan patah – kaki kiri retak diakibatkan terlindas dumptruck dari belakang.

Ngeri jika dibayangkan. Tapi, ini kenyataan dan harus dihadapi. Dan aku melihat dengan mata kepalaku saat menemaninya difoto Rontgen pertama kali sesaat setelah pertolongan pertama. Aku melihat sendiri luka it. .Dia bilang lukanyaitu seperti kambing yang dikuliti. Memang. Sungguh aku nggak tega melihat dia kesakitan. Dia bahkan tidak pingsan sejak kejadian!!

Saat itu, di hari pertama kejadian, ada banyak pertarungan jiwa raga. Apalagi pada sore itu, sesaat sebelum naik ke kamar operasi. Si dokter menjelaskan kondisi suami. “………. Bahwa kaki kiri sampai dengan lutut 100% harus diamputasi. Lutut ke paha prosentasenya mendekati 100%. Dan itupun masih belum dijamin akan aman dari infeksi lanjutan yang bisa menyerang. Bisa jadi tiba-tiba organ yang ini bla bla. ……

Berat mendengarnya. Tidak ada pilihan selain pasrah dan berdoa. Bagaimana aku memanage diri agar aku kuat ‘melihat’ ini semua. Ada tangis yang tertahan, karena memang aku harus ber-tabah hati. Ada perasaan takud bakal jadi seperti apa nanti, karena memang saking parah kondisinya.

Dan, bersyukur Alhamdulillah datang pertolong Allah. Sekitar pukul 22.00 wib, Dokter Ortopedi yang mempimpin operasi keluar. Beliau menjelaskan bahwa ada perubahan ‘kondisi’ suami, dimana ternyata syaraf kaki masih baik dan diagnose menjadi “baru” kembali. Amputasi itu tidak dilakukan, masih akan diobservasi terus perkembangannya. Ya Robb, sungguh besar kasih sayang-Mu….. Engkau jawab doa kami. Yes, I call this a miracle!

Crush Injury Fenur. Degloving luas hingga inguinal. CF femur. 1/3 Proximal. Observasi TTA. Debridement. External Fixasi. Multiple Insisi. Ect……. Begitulah dokter memberikan status. Nggak begitu paham istilah tersebut.

Setelah operasi yang pertama itu, suami dirawat di ruang ICU selama 2 minggu ( 3 April sampai dengan tanggal 17 April 2013) . lalu selanjutnya perawatan dilakukan di ruang inap sampai saat sekarang. Rumah sakit menjadi ”rumah kedua”ku.
Saat aku kerja, aku memakai jasa penjaga. Pulang kerja langsung ke rumah sakit. Tidak terasa total sudah 50 harian kami disini. Selama itu aku berkesempatan pulang dan menginap di rumah hanya 1 malam bersama anak-anak. Kasihan mereka, kasih sayangnya kurang. Sedangkan tidak ada saudara yang bisa menjaga malam selain aku.
Sabar, sabar dan sabar, no choice. Semua ada akhirnya. Inna maal usri yusro……

Insyallah, besok kami akan pulang. Dokter sudah meng-acc . Sudah 5 kali operasi dilakukan. Terakhir operasi plastik – penutupan luka. Saat ini tinggal perawatan luka dan terapi yang akan dilakukan di rumah. Akan ada perawat dan terapis yang datang kerumah. Dan yang lebih penting adalah pemulihan kondisi psikis si sakit. Mudah-mudahan dengan terapi dirumah, segera bisa duduk, at least.

Well, Alhamdulillah satu step sudah terlewati. Semoga kami selalu diberi kekuatan, ketabahan dan keihlasan menjalani proses penyembuhan ini. Terimakasih kepada saudara dan teman-teman yang sudah bersimpati, mudah-mudahan kalian senantiasa dilindungi Allah dari bala’ dan segala musibah. Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga, maka jagalah.

Selesai ditulisnPukul 12;05 AM Ruang bedah I kamar nomor 7.

Advertisements

53 Responses so far »

  1. 1

    jampang said,

    hiks… sedih…

    semoga suami lekas sembuh dan kondisinya segera membaik…

    • 2

      Ina said,

      jadi ikut terbawa ternyata…. makasih doanya. amin amin. jgn lupa selalu berdoa jika di jalanan. ngeri klo kecelakaan.

      • 3

        jampang said,

        pernah ngalami soalnya mbak, kecelakaan, tertimpa pohon pas ada angin kenceng…dan saya hampir nangis, bukan karena sakitnya… tapi terbayang nggak ketemu syaikhan

  2. 4

    yantist said,

    Mbak Ina sayang.. *peluk*

    Saya copaskan status Ustadz Arifin Ilham di sini ya mbak. Status ini pernah dan bahkan sampai sekarang saya ingat2 dan resapi maknanya saat down.

    Assalaamu alaikum warahmatullahi wabarkaatuhu. Simaklah Kalam ALLAH dg IMAN, “Dan sesungguhnya akan kami berikan cobaan kpdmu dg sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, krisis pangan sampai kematian, & berikanlah khabar gembira ini kpd org2 sabar yaitu org2 yg ditimpa musibah mrk mengucapkan : ‘lnna lillahi wainnaa ilaihi raaji’un” (QS al Baqoroh 156). Rasulullah bersabda, “Siapa yg dikehendaki ALLAH suatu kebaikan maka diberiNYA cobaan” (HR Bukhori), “Tiada henti2 cobaan menimpa mu’min, baik mengenai dirinya, klrgnya, hartanya hingga ia menghadap ALLAH dlm keadaan bersih dari dosa (HR Tirmidzi), “Apabila ALLAH menguji hambaNYA dg membutakan dua matanya, kemudian ia SABAR, maka ALLAH menggantinya dg AMPUNAN & SYURGANYA” (HR Bukhori). “Sesungguhnya besarnya pahala itu tergantung pd besarnya ujian hidup, maka siapa yg ridho dg ujian ALLAH, ia mendapat keridhoan ALLAH, & siapa marah dg ujianNYA, iapun mendapat murkanya ALLAH” (HR Tirmidzi & Ibnu Majah). Jadi, jangan pernah marah pd ALLAH yg menguji kita, jangan buruk sangka lagi!, jangan bersedih berkepanjangan lagi! Apalagi sampai putus asa. IKHLAS, SABAR, BAIK SANGKA, IKHTIAR, DOA & TAWAKKAL adalah “al manhaj” jalan yg membuat ALLAH ridho. “Don’t be sad, just a moment, and next you will be happy forever…INSYA ALLAH…aamiin.

    • 5

      Ina said,

      makasih ‘siraman’ nya …. adem di hati.
      kmrn pas masih di RS, aku bacakan ini ke suamiku sampe menitik air mata. kita diingatkan lagi untuk sabar dan ihlas.
      semoga segalanya dipermudahkan.

  3. 6

    nengwie said,

    Ya Allah mbak Inaaa… *peluk*
    semoga segera pulih, sehat kembali, semoga kesabaran mbak Ina sekeluarga dibalas dengan kebaikan yang berlipat-lipat..aamiin.

    • 7

      Ina said,

      iya mbak…. makasih doanya. insyallah terus berusaha untuk sabar dan kuat. Insyallah ada rencana indah buat kami dari Allah dibalik ini.

  4. 8

    Julie Utami said,

    Nak Ina, air mata saya meleleh larut bersama doa semoga nak Ina berdua mendapat kebaikan dari Allah atas kesabaran nak Ina berdua menjalani ujian ini. Sabar dan ikhlas itu kuncinya meraih kebaikan surga. Sayang dan cinta kasih kepada suami, itu akan menambah keridhaan Allah pada nak Ina.

    Peluk sayang, semoga lekas pulih kembali.

    • 9

      Ina said,

      iya Bun…. ujian bagi keluarga. bicara keihlasan, harus banyak belajar dari bunda yg saat ini juga sedang diuji sakit. sungguh mahal saat kita sehat.

      bismillah saya bisa sekuat bunda. makasih doa-doanya

  5. 10

    Masya Allah…..doa kami utk kesembuhan suami mb. Ina. Semoga Allah SWT memberikan kesembuhan yg paripurna. Traumanya cukup berat, mbak. Kelihatan dari diagnosanya. Dokternya juga pasti pusing tuh, ngerjakannya. Siapa dokternya? Siapa tahu masih kenal. Oya, biayanya dikover JAMSOSTEK, kan? Semoga dipermudah semua urusannya, mbak. Aamiin

    • 11

      Ina said,

      makasih bu dokter atas doanya.

      skrg ini saya ngliat suami kyak gak tahan lagi ‘nahan’ sakit. gak kya pertama kali. udah kelamaan nahan sakit kali yah dok. kadab pas di RS terapis datang dia tolak karena msh ngerasa sakit. jadi kya nyalinya kecil skrg.

      dokter ortonya dr teddy heri. garapane alus bgt, gtu kata masku.

      jamsostek ada, tapi jauh dibawah by yg ada. mudah2an perush masku komitmen biayai sampe sembuh. amin.

  6. 12

    sari said,

    mbak ina…peluuuuuk….

  7. 14

    javaleste said,

    Duh mb Ina. Mudah2an Allah swt memberi banyak kekuatab u kelg. Mg2 lekas pulih ya suaminya.

    • 15

      Ina said,

      amin amin. Allah maha adil. suami yg sakit dan perlu perhatian, alhamdulillah saya diberi kesehatan prima utk riwa riwi dan nonstop jaga malam.
      jangan lupa jaga kesehatan juga.

  8. 16

    tinsyam said,

    inaaaaa.. semoga segera disembuhkan suaminya.. dan semua keluarga selalu sehat.. dimudahkan segala urusannya.. sabar dan tabah ya ina..

  9. 20

    RY said,

    Mbak Inaaa juga jaga kesehatan dan insyaallah selalu kuat ya (teriring doa untuk mbak sekeluarga). SEmoga suami Mbak Ina juga sembuh 🙂

    *sabar ya mbak

    • 21

      Ina said,

      iya bener harus berusaha jaga kesehatan selalu, biar gak bareng2 ambruk. bersyukur banget msh diberi kekuatan sama Allah. ya rada ketir2 klo tyipus kambuh soalnya sebulan sblmnya saya juga stay di RS.

      bismillah sehat selalu. kamu juga yah. jangan lupa jaga stamina.

  10. 23

    Pantes lama banget ndak nongol di blog mbakyu.

    Mudah2an mangmas segera pulih mbak. Bisa beraktifitas seperti sedia kala. Aaamiiin

    • 24

      Ina said,

      iya ngilang kemarin2… mudah2an udah jadi normal walopun msh blm sepenuhnya kembali kondisinya.

      mksih doa-doanya. ujian terberat yg pernah ada. bismillah segera terlewati.

  11. 25

    Semoga suami mbak ina lekas sembuh ya mbak dan badai pasti akan berlalu mbak ina… semoga mbak ina juga semakin tabah dan sabar menghadapi cobaan dari Allah 🙂

  12. 27

    novianadewi said,

    Peluk dari jauh, Mba Ina.
    Aku nggak bisa omong apa-apa. Cuma doa supaya semua badai bisa terlewati dengan baik. Tuhan Maha Pengasih……..

  13. 29

    owalah mb Inna…lama gak keliatan ternyata ada cobaan. turut mendoakan semoga suwaminya segera pulih spt sedia kala, dan diberikan kesabaran serta kekuatan ya mbak *peluk*

    • 30

      Ina said,

      peluk balik…
      ho oh mbak shant, sedang diuji kami. belum pernah dapat ujian yg berat, insyallah kami.bisa melewatinya dan berbuah kemuliaan buat kami. mohon doanya terus yah mbak.

  14. 31

    duniaely said,

    mbak Inaaaaaaaaaaaa .. senang akhirnya ada berita dr kamu, Alhamdulilah ya mbak, kalau besok sudah bisa pulang kembali ke rumah , medoakan yg terbaik buat kesembuhan suami dan be strong ya mbak

  15. 34

    Yudhi Hendro said,

    bisa memahami mengapa mbak Ina cukup lama nggak ngeblog…. setiap kejadian pasti ada hikmahnya, mbak…dan Allah SWT tak akan memberikan ujian melebihi kemampuan seseorang untuk menyelesaikannya….

  16. 36

    kishandono said,

    Semoga cepat pulih ya kesehatan suami, dan kembali beraktivitas kembali

  17. 38

    Jadi ngilu aku ngebayangin nya kalo seperti kambing di kuliti. Semoga lekas pulih yaa suami nya biar bisa aktifitas lagi.

  18. 40

    diah indri said,

    Peluk mbak inaaaaaaaaa

  19. 42

    Ahmad Fauzi said,

    ehm….dulu

    ntar baru komentar….

    😀

    piye kabare mba?

    • 43

      Ina said,

      hiii…. kabarnya masih dalam musibah, belum benar2 berakhir. minta doanya khusus yah klo pas sholat, buat suami saya…

  20. 44

    alhamdulillah masalah hidup telah terlewati.

  21. 46

    duniaely said,

    Siang mbak Ina kangen nih 🙂

    semoga suaminya sudah membaik keadaannya dan sehat kembali ya mbak

    Bgmn kabar mbak Ina sekarang ? semoga kuat ya mbak, selalu dikarunia kesehatan juga

    • 47

      Ina said,

      hi mbak El… doanya aja terus buat suami biar diberikan semangat untuk sembuh. beraat sekali memang buatnya. tapi, insyallah ada kemudahan setelah kesedihan. amiiin.

      *belum nulis sesuatupun di bulan ini 😦

      • 48

        duniaely said,

        Insya Allah mbak, doanya selalu buat beliau semoga lekas sembuh, biar bisa beraktivitas lagi bersama keluarga, beruntung punya istri sabar spt mu mbak.

        Bisa merasakan mbak beratnya, dulu waktu suamiku di rumah sakit pas tangannya dioperasi juga merasakannya, apalagi jauh dr tanah air ya. Mbak Ina di sana dikelilingi anak dan saudara saudara tentunya, yg pasti nggak akan diam saja dan selalu mendoakan dan membantumu mbak, krn yg terdekat, duh aku kok jd malah mewek gini ya mbak, semoga kamu selalu diberi kekuatan ya mbak, nggak perlu dipaksakan kl belum bisa posting , semua juga mengerti keadaanmu skrg
        dan yakinlah Insya Allah badai akan berlalu mbak.

      • 49

        Ina said,

        makasih banyak mbak El….*bantu ngusap air mata

        gimana-gimana masih mending ternyata berada di tanah air sendiri. disana mgkin nelongso klo pas ga ada teman . semoga mbak el disana juga selalu dipermudah urusannya….

  22. 50

    duniaely said,

    Hallo mbak Ina , apa kabar ? semoga sehat sehat selalu ya mbak , dan semoga juga suaminya lekas sehat kembali. Selamat menyambut bulan Ramadhan ya mbak 🙂

    • 51

      Ina said,

      iya mbak Mbak El…. ramadan kali ini spesial, karena nggak bersama keluarga. si ayah juga nggak ikut puasa. jadi beda berasanya.

  23. 52

    Wong Cilik said,

    bacanya jadi merinding mbak …
    semoga suaminya cepat sembuh ya mbak … semoga di beri kekuatan dan kesabaran. jgn lupa jaga kesehatan juga biar nggak ikutan ambruk …


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: