Archive for August, 2013

Email dari Pak Dokter

Si pak dokter ini teman sekelas aku waktu SMA. Sama-sama dari kelas Fisika-1. Masih keingat dulu dia duduknya pas di bangku belakangku. Lumayan jahil juga, kadang nyetip, kadang nyawat…. udah jadi langganan klo aksi ngaget –ngagetin dari belakang. Atau, sekedar usil komen yang rambutku jelek kering pecah-pecah, pke shampo murahan lah, kalkulator punya aku kalkulator bakul-lah…. Eker-ekeran mulu poko’e.

Dan gak nyangka ternyata dia yang aku kira slengek’an gitu punya cita-cita tinggi. Setelah gagal UMPTN pertama, dia belain nggak langsung kuliah tapi ikutan les intensif. Then tahun berikutnya dia diterima di fakultas kedokteran UNPAD . Sekarang dia udah spesialis Ortopedi.

Terakhir chat pas masih aktif di FB, dia praktek di RSCM ( Klo ga salah). Udah merit juga dapat anak ibukota, sama-sama dokternya. Anak orang penting lagi, ikut senang mendengarnya…..

Pas suami kecelakaan, udah keingat dia, karena memang spesialisnya dia yang lagi kita dibutuhkan. Tapi nggak kesampaian untuk kontak di FB.

Setelah kunjungan teman-teman SMA kapan hari, salah satu teman berhasil chat ama dia, dan akhirnya aku dikasih tahu nomor telpon dia. Aku minta ijin meng-email dia, karena memang harus attach some pictures, plus biar dia balasnya nggak keburu-buru, takut ngeganggu.

Emailku ke dia panjang lebar. Karena males ketak-ketik lagi, aku kopaskan beberapa konten di jurnal yang pernah aku tulis, tinggal menambahi dikit-dikit .

………tapi pak Dokter, suamiku hampir putus asa karena sekarang tenaganya udah habis, tiap malam kesakitan. mengeluhkan pen eksternalnya yg semakin pedih. poto rontgen terakhir sih bagus ( sblm pulang- akhir may), kira2 misal minta diambil pen kanan kiri itu walaupun luka kiri belum sepenuhnya kering apa mungkin? apa resiko merusak skin graftnya? biar cepat kering dikasih apa yah? udah down lihat gak sembuh2. sampai sekarang baring thok di bed, gak bisa gerak blas. katanya kesakitan klo gerak. posisi duduk apalagi, kesakitan di pen-nya yg ada di pantat. parahnya, masku trauma lihat RS. sejak keluar belum ketemu dokter ortonya, cuman dirawat luka dan dilaporkan ke dokternya, nggak lihat langsung. pernah janjian di RS, beliau udah pulang ( kita datang telat kena macet). kemungkinan awal bulan depan mau control lagi, mau maksa pen diambil. mungkin gak sih? makasih yah mau bantu aku berkonsultasi. kasih advise please….ini aku attach potonya, pas tertanggal 20 may kayaknya ( pulang RS 24 Mei), aku sendiri gak berani liat lama2. ngeri……..

Dan berikut jawaban sang kawan.
He wrote :
Terima kasih atas kepercayaannya…dari awal cerita saya sudah bisa tangkap semuanya dan maksudnya bahwa diagnosa awal adalah crush injury paha kiri dan skin degloving luas dan sama dokter telah di lakukan tindakan ekternal fiksasi yang tujuannya untuk fiksasi tulang karena lukanya yang luas dan telah dilakukan skin graft…semua tindakan dokter sudah tepat dan ekternal fiksasi blm bisa dilepas karena tulangnya sendiri pasti belum nyambung yang patah…dan kalau melihat foto yang dikirim ke aku harusnya dilakukan operasi untuk skin graft lagi karena masih terbuka lukanya…dan sebaiknya jangan hanya perawat yang dtg je rumah tapi suami langsung datang ke rmh sakit biar dokter orthopedi dan bedah plastik langsung lihat kondisinya…kasus seperti ini memang sulit dan akan berlangsung operasi berkali kali dan sangat memerlukan tenaga dan biaya yang sangat besar serta motivasi yang tinggi dari pasien…kalau keadaan seperti ini alangkah lebih baik segera datang ke dokter sehingga dokter segera melakukan rencana tindakan…demikian kalau menurut aku, sebelumnya turut prihatin atas keadaan ini tapi harus selalu semangat dan berdoa.Terima kasih banyak .Dr A** S**** SpOT

Advertisements

Comments (15) »

Jarang Mandi

Sepertinya pulang kerja kali ini banyak cengengesan-nya deh. Di mobil jemputan, cekikikan aja gara-gara topic lucu di group whatsupp. Bales balesan di grup.

Setelah turun dari mobil, biasanya aku sama teman (cewek) langsung menuju masjid buat maghrib-an dulu. Berhubung hari H maka langsung aja ke tempat sepeda dititipkan, ama teman satunya (cowok).

Sebenarnya ini sih bukan resmi tempat parkir/penitipan sepeda, melainkan tempat Rental Mobil yang aku ‘lamar’ agar mau dititipi sepeda. Mana Mas-mas yang jaga disitu baaaiiiik banget, maunya dikasih uang jasa nggak mau, tapi kita paksa terima. Berhubung ini bukan tempat parkir resmi, kita pun ngasihnya lebih dari tariff normal penitipan. Lumayan juga buat jajan-jajan kan dari kita bertiga.

Dan…. seperti biasa, kita datang Mas-e langsung mengambilkan sepeda. jadi kita tinggal starter hhreenggg….. sambil pamitan.

Nggak ada yang aneh. Nggak merasakan apa-apa saat pamitan.
Pas mau belok menyeberang di pintu keluar Tol, temenku berhenti trus terjadilah conversation berikut :

Teman : Hei Fren, liat-en tah ( sambil ngelihati sepeda)
Aku : Hahhhh??
Teman : Sepeda kita dicucikan.
Aku : Ya ampuuuun… pangling lho. *super haru mengamati kanan kiri
Teman : Buueersih! Padahal sejak sebelum lebaran belum kucuci
Aku : walah, apalagi aku!
Teman : Sungkan fren kita tadi ngibrit aja belum terimakasih
Aku : wes besok ae ngucapinnya.

Akhirnya sambil bersepeda, aku cengengas-cengingis dewe, senyum-senyum terus bahkan waktu mampir di supermarket.

Lha, gimana nggak haru? Tuh sepeda selama ini jarang mandi. kotornya gak ila-ila, gak rupo… berhubung saya betah isin, sepeda kotor kaya apapun tetap aja dicengklak. Padahal sih, you are what you wear….:D

Seingatku, sejak 2 bulan di Rumah Sakit, lalu 3 bulan selanjutnya di rumah saudara, emang nggak pernah nyuci sepeda…. Lawong sekedar di lap basah aja nggak pernah. Sejak musim hujan yang lalu sampe sudah musim panas sekarang, kotoran masih nemplek…. Nggilani

Waktu mau lebaran, Mbak iparku pernah mengingatkan aku supaya cari cuci sepeda. Tapi nggak kesampaian. Semua sudah pada mudik. Lagian toh lebaran yah nggak keluar-keluar.
Dan beberapa hari ini sudah kepikiran pengen cari jasa cuci motor, tapi belum nemu waktu yang pas. E’e lha koq ternyata kedhisikan dicuci ama Mas-Mas Rental….

Sekarang, sepeda itu nggak hanya bersih, tapi duh kinclooooong bangeuttz. Swear. Kayaknya abis dikasih polesan yang dipakai buat mobil-mobil itu. Kemungkinan Mas-Mas itu kasihan ( baca: nggak tahan) lihat kondisi sepeda kita yang kotor, jadi sekalian deh sambil bersihkan mobi, sepeda kita ikut disalon sama mereka.

Beneran, pas sampai rumah, mbak ipar komen, “ huik sepeda-e Ina kinclong rek….”. terkesima lah dia dibuatnya….

Makasih yah Mas, Pengeran sing mbales….

Comments (32) »

Kunjungan Teman SMA

Waktu es em ma, aku biasa-biasa aja. Bukan kategori anak yang pendiam, tapi yah nggak termasuk cawak juga. Standart-lah…. Duduk di baris paling depan, pojok kiri dekat jendela kaca. Sebangku ama teman yang punya tanggal lahir sama. Beda tahun doang. Dia 76 aku 77.

Pas kelas satu, berangkat ke sekolah bawa sepeda pancal. Kelas dua ama kelas tiga, seingatku jalan kaki dari rumah. Emang kemana yah sepedaku waktu itu …. Tapi emang nggak terlalu jauh sih jaraknya, apalagi karena waktu itu jalan bypass krian sedang dibangun, jadi cukup mbobol dari belakang rumah, lewat sawah-sawah dikit langsung ketemu jalan bypass. Panas banget klo siang, tapi no problem.

Urusan belajar, lumayan serius. Sampe ada tetangga yang nge-warning ibuku biar melarang aku belajar mempeng, takud aku gila kali. Padahal just fine ….
Masih ingat waktu ulangan matematika, sampe bela-belain minum obat s-10 biar kuat melekan. Latihan soal gtuuu…. Walhasil pas ujian kepala nggliyeng malah gak bisa mikir :d

Aniwei sadar diri aja sih, maksud hati biar nilai bagus, titik. Biar nggak kalah ama teman-teman yang pada ikutan bimbel di luar. Tapi, keknya sih tetep ketinggalan deh he he… however, masih masuk topten lah. *insyallah benar
Alhamdulillah kuliahnya masuk ptn.

Masih inget juga, gara-gara salah satu teman yang suka ngerjain aku, anak-anak manggil aku “sholeh”, panggilan laki-laki. Itu karena nama lengkapku innatus sholihah. Tapi kayaknya emang niat latah karena ada guru biologi kami yang juga bernama pak sholeh. Ada ada aja…..

**

Cerita diatas nggak penting… he he..

Sejak lulus tahun 95, pernah reunian sekali pas masih pada kuliah. Lalu lamaaa banget nggak ada kumpul-kumpul. Baru 3 tahun lalu mulai ajeg ketemuan setiap lebaran. 3 kali sudah acara halal bil halal diadakan, aku selalu hadir. Terakhir aku didapuk jadi tuan rumah buat lebaran ini tapi waktu itu aku menolaknya dengan alasan masih baru pindahan, jadi masih ruwet ini itu.

Dan ternyata allah menghendaki teman-teman ngumpul di tempatku. Tapi bedanya karena sekarang aku dalam suasana ‘khusus’, teman-teman ingin datang menjenguk suami dan bersimpati. I do appreciate it.

Ada indri, tri&suami, dayat, anas, harmanto&istri, cahyo,untung, yoyok, beberapa yang lainnya yang tidak ikut hadir ada si ryasin, ika tian, novi, makasiiiih banyak atas perhatian kalian. Terharu banget, feel like my own family. Semoga allah memberikan kesehatan dan limpahan rezeki buat kalian semua.

Beruntung pula suami tri adalah seorang dokter, jadi bisa sharing dan dapat advise banyaaaak banget. Gratis pula.

Comments (25) »

Lebaran ‘Luar Biasa’

Hari ini aku mulai ngantor kembali. Harusnya kemarin,tapi karena si mbak yang jaga suami masih mudik, akhirnya lanjut gak masuk. Walaupun, finally dengan sangat terpaksa suami aku tinggal ke rs buat ngurusi kesalahan admin *cerita menyusul, semoga sempat nulis…

Karena memang tahun ini ada kondisi khusus, lebarannya nggak sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Baju baru? Kue-kue? Unjung-unjung? Enggak banget. So, lebih tepat nggak lebaran kali….
Mudik? Apalagi! *Merasa bersalah, belum berkesempatan sowan ke ortu sampai saat ini 

Merasa melaz alias nelongso dengan kondisi sekarang? Maybe…, but ga ada opsi. Episode ini memang harus dilalui.

Sebenarnya teman-teman, bahkan saudara nggak banyak yang tahu mengenai kecelakaan suami. Sengaja tidak woro-woro. Rata-rata mereka tahu sendiri karena info salah satu yang tahu. Dan walhasil pada momen lebaran ini, banyak saudara yang datang silaturrahim kaget karena tidak tahu sebelumnya. Demikian juga teman-teman ‘seperguruan’ yang sowan ke kakak ipar, yang memang tinggal di rumah keluarga.

Walhasil, libur lebaran cukup di rumah, jaga si pasien plus jaga rumah. Malahan beberapa datang berkunjung. Ada kakak kandung aku + istri + si baby yang seumuran sakitnya suami, sepupu sekeluarga yang dulu pernah momong si kakak. Lalu ada juga pak sopir kantor yang dulu mobilnya diparkir dirumah. Besok insyallah paman + bibi dari bapak, juga rencana berkunjung.
Karena memang nggak ‘benar-benar’ lebaran, jadi klo pas kurang beruntung, nemuin tamu dengan cukup daster harian. Lagian memang nggak bawa banyak koleksi baju.

Sementara ini anak-anak aku boyong kesini, sejak libur menjelang hari raya sampai saat ini. Senang juga setidaknya bisa kumpul anak-anak, walaupun mereka berdua gelut mulu… kerjaannya tengkar aja. Bikin si ayah nggak bisa istirahat nyenyak. Disisi lain ini jadi tambahan beban buat saya.
Kan yah nggak pantes klo berangkat kerja anak-anak belum mandi belum makan. Sungkan klo ngerepoti saudara. Lebih susah lagi, harus masak sendiri, gak boleh beli diluar karena banyak vitsin… hiks…. Harus cuci sendiri karena di laundry selesainya lama sedang baju yang kami bawa nggak banyak untuk dibuat spare….

Apapun lebarannya, yang penting adalah terpenuhinya amalan-amalan selama ramadlan. Allah maha tahu.
Buat teman-teman semua, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Mungkin selama ini ada kata-kata saya yang kurang berkenan, komen yang asal, tulisan yang nggak tepat, semoga kita bisa saling menasehati dalam hal kebaikan.

Comments (45) »

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352