Berternak, Insyallah…

Dahulu kala, ibuku punya usaha ternak ayam petelur sampai 300-an ekor lebih. Kandang dibuat di pekarangan belakang rumah. Maklum rumah kami rumah MeWah 😀 … Tau kan ? Usaha ini sengaja dimulai untuk membiayai selama aku kuliah. Ndilalah pas mau mau lulus, e’e Negara gonjang-ganjing kena krisis moneter yang berbuntut pergantian orde baru.
Waktu itu pakan mahal, peternak pada bangkrut. Bahkan banyak peternak besar mengobral ayam dengan menjajakannya ke desa-desa, dengan harga semurah-murahnya. Ancur –ancuran deh pokoknya.

Ternak tutup, lalu beberapa tahun kemudian ibu bikin kos-kosan disitu.

**
Then kapan itu si kakak pernah aku belikan ayam kecil warna warni buat ‘mainan’. Ditaruh dibelakang rumah. Eh..ndilalah jodoh, gede banget badannya si ayam. Bingung deh klo udah miber-miber. Aku suruh sembelih aja tapi nggak boleh. Katanya takut nanti nggak bisa ketemu di surga he he… akhirnya kebingungan ama kotorannya, diungsikan deh di Mbah.

Nih gambarnya, dari beli masih seuprit, cuman 3 ribuan jadi segede ini

2013-02-28 07.13.55

2012-11-24 06.23.40

Nah pas si ayah di RSAL kemarin, intens cari-cari peluang usaha, tiba-tiba dia tertarik sama ayam Kalkun. Emang ada apanya juga…. Tuh ternak nggak umum, nggak banyak dikonsumsi masyarakat. Akhirnya iseng-iseng aku baca searching-annya ayah.

Mmmh, boleh juga sih dicoba nantinya. Udah nggak kepingin dia kerja di perusahaan lagi, biarlah nanti usaha sendiri aja. Maunya pengen sama kambing Etawa juga dia.

Well, balik lagi. Ide berternak , karena emang bermulanya pengen manfaatkan tanah pekarangan sisa kos-kosan yang masih cukup lebar. Masa tuh tanah kosong malah diisi ayam-ayamnya orang yang nge-kos disitu.

Rata-rata sekarang mereka pada punya piaraan ayam, sedangkan ibuku yang jadi Bu Kos nggak punya piaraan sama sekali. Malah beberapa tahun yang lalu ada salah satu pengekos yang punya piaraan kambing beberapa ekor. Bayangkan!

Beruntung tempat ortu cuman sekitar 1,5 kilo meter dari rumah kami. Insyallah nanti pengen serius klo si ayah sudah pulih total.

Sementara ini sudah beli sepasang indukan kalkun plus 5 anakan. Buat warming up. Anggap kuliah praktek, sambil belajar langsung terjun. Karena si kakak juga exited ama kalkun-kalkun itu, sampe nggak mau diajak pulang rumah.

akhirnya aku belikan 2 ekor kalkun lagi yang agak muda untuk ditaruh dirumah sendiri. Terpaksa deh beli kandang kecil. Rencananya klo udah siap telur, ntar dipindah ke Mbah biar dikawin ama pejantan disana.

Si kakak lumayan open ( e-nya pake pepet). dia care banget. lebih telaten dari pada si adik. judulnya sih 1 punya Mas, 1-nya punya si adik. tapi adik ga pernah ikut cawe-cawe.
Sepulang kerja tadi pengennya beli rantai, rencana kandang mau ditaruh di luar, di tempat tanaman-tanaman jalan. kayak kandangnya tetangga sebelah. Nah berhubung kalkun tuh harganya mahal amir, maka harus digembok. Semoga nggak ada yang jahil, mudah-mudahan kandang nggak diangkat pergi.

So, mudah-mudahan jodoh deh dan menjadi jalan pembuka rejeki-Nya. Amin…

Nih aksi si kakak mengurusi si kalkun.

2013-12-29 15.45.58

2013-12-30 06.58.17

2014-01-02 06.16.57

Advertisements

69 Responses so far »

  1. 1

    ayanapunya said,

    waa rajin ya si kakak. moga lancar usahanya, ya, mba. kalau saya nggak ada bakat beternak kayaknya. hehe

  2. 7

    danirachmat said,

    amiiiin. semoga berkah dan semoga jodoh Mba.
    Si Kakak open banget. Jadi inget bapak yang seneng banget ingon-ingon. Sampe kemaren nawarin Aaqil ayamnya. huehehehehe.

  3. 9

    lazione budy said,

    Good luck!
    andai di rumah ku yg baru ini luas seperti di kampung saya pengeeeen banget ternak ayam. Usaha yg sangta menjanjikan dan FUN!

  4. 13

    sunarno2010 said,

    kalau diseriusi bisa menjadi sumber pendapatan baru, sekaligus pembelajaran langsung untuk anak-anak.
    sementara ini ortu sudah berhenti beternak, maklum usia sudah lanjut, kami minta untuk tidak beternak lagi

    • 14

      Ina said,

      insyallah mas, semoga dibukakan jalan kesana. tahapnya masih intip2 nih.
      ortu ternak apa dulunya?

      • 15

        sunarno2010 said,

        umumnya di kampung saat itu kalau tidak sapi ya kambing (saya abadikan di puisi terbaruku mba ina), kami dulu sekeluarga memelihara sapi, lumayan untuk biaya sekolah

      • 16

        Ina said,

        oou iya sapi lumayan lho untungnya…. palagi di kampung msh byk rumput yah. alhamdulillah hasilnya sampe anak2nya berhasil seperti skrg.
        *insyl segera meluncur baca puisinya

  5. 17

    wetwetz said,

    Kl kalkun gt nanti pemasarannya kemana mbak kl dah jd usaha?

  6. 21

    jampang said,

    semoga lancar dan sukses, mbak.

    anak ayamnya mengingatkan mas akecil saya… dulu pernah miara ayam yg kaya gitu juga… 😀

    • 22

      Ina said,

      piara kalkun juga?
      saya sendiri terakhir SD klas 3-an kali, ngeliat kalkun punya orang. abis gtu ga pernah lagi sampe skrg ini

      • 23

        jampang said,

        Kalau kalkunnya cuma ngeliat punya orang aja yg sudah besar.
        Tp kalau anak ayam yang warnanya putih… yang dulu sering dijual keliling… saya pernah beli dan pelihara 😀

      • 24

        Ina said,

        hehehe.. yg putih itu ayam petelur. murah meriah. bagus buat latihan punya piaraan.

  7. 25

    febrian hadi said,

    Moga sukses ya mb terbaknya.
    Btw klo kalkun itu yg dimanfatin telor apa daging mb?

  8. 30

    duniaely said,

    jadi inget jaman dulu mbak, punya ayam juga di rumah 😛

  9. 36

    capung2 said,

    Wahh.. klo sudah pernah punya riwayat sbg peternak boleh dicoba tuh mb, apalagi punya lahan yg mendukung..

    Sya aja dirumah usaha toko kecil2an, alhmdlh.. ada aja rezekinya.

    Moga lancar ya !

    • 37

      Ina said,

      punya toko juga? keren. buat hiburan sang ‘pacar’ yah? dirumah nggak ada kerjaan nggak bagus emang. biar nggak dipake buat ngrumpi. lancar rejekinya yah mas… amin.

  10. 38

    nurme said,

    Anak ayamnya lucu…
    Sahabat saya ada yang dari dulu sampai sekarang beternak ayam di Lampung. Katanya dia emang susah-susah gampang. Nangis bombay kalau musim wabah penyakit.

    Mbak.. ikutan giveaway kami donk. buat serua-seruan….
    bisa ikutan di http://garammanis.com/2014/01/01/giveaway-kolaborasi-apa-impianmu/
    atau di
    http://nurme.wordpress.com/2014/01/01/giveaway-kolaborasi-apa-impianmu/

  11. 44

    Rawins said,

    beneran pantang menyerah ya
    selalu ada ide saat melihat peluang
    lanjutkan bu…

  12. 46

    enkoos said,

    Rumah MeWah = Mepet Sawah. Hahahahaha…
    Biasanya bukan MeWah tapi MiWah = Mlipir Sawah.

    Rumahnya dimana?

    Semoga berlanjut ya usaha ternaknya.

  13. 53

    farizalfa said,

    si kaka’ keren deh. 😀
    semoga saja beternak lancar jayyaaa.. 🙂

  14. 55

    ochimkediri said,

    mudah2an usahanya lancar ya mbak,saya juga sebenarnya pengen usaha khususnya dagang walau sekarang masing kerja di balik meja 😛 😛

  15. 57

    Sang Bayang said,

    Hmm.., sangat rajin dan pintar membaca keadaan. Semoga lancar dan sukses selalu yak.. 🙂

  16. 59

    Wong Cilik said,

    semoga lancar dan sukses beternaknya ya mbak …

  17. 61

    syifna said,

    Wah mba ina ternak ayamnya berhasil yoooo… aku punya ternakan malah mateee semua hiks … yang skrng malah ternak hamster hehehe..

    bedewei eniwei.. ini aku loh mba ina,,, aku gusuran dari MP juga loh 🙂

  18. 63

    sarip said,

    Hehehe.. klo saya gak suka ternak bagian pas ngasih makannya saja, pas sembelih sama makan danginyya paling suka tuh.. 😀
    sama Bu Ina, aku juga dulu pas masih tinggal di kampung bareng mereka (Ayah Ibu) suka ternak ayam juga. Hehehe

  19. 65

    Subhanallaah…, telaten sekali beternak, sungguh ini pendidikan yang luar biasa, salut saya!

  20. 67

    Yudhi Hendro said,

    jadi ingat masa kecil dulu, mbak. senang kalau lihat dan kasih makan bebek di rumahnya simbah

  21. 68

    bundamuna said,

    Waaahhh.. Hebaat mbak!! Semangat yaa!!
    Selalu ada jln jika kita mau berusaha *peluk mb Ina*


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

sebelum semua hilang dari ingatan

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352

%d bloggers like this: