Archive for July, 2014

Bekerja di Indian Company

Udah mewanti-wanti diri pas tanggal 14 july pengen menuliskan ini. Lhaaa, koq baru nyadarnya pagi ini. Momennya sudah lewat 4 hari yang lalu deh. Gapapa dong… *jadi keingat pak mey yang suka bilang gitu.

6 tahun sudah aku ‘ikut’ perusahaan orang india. 2 bulan yang lalu kita yang seangkatan dikasih reward berupa emas antam. pake acara special segala. tapi jangan ditanya yah emasnya beratnya berapa….

Bisa enam tahun itu rekor lho, jika dibandingkan masa kerjaku di perusahaan udang milik taiwan, cuman sampai 5 tahun aja. Tapi kemarin itu karena PHK massal sih. Jadi, berarti sekarang cukup kerasan yah? Mmmmhhh…. Cukup smile aja deh. Pernah iseng melamar di tempat lain, tapi koq kayaknya mereka nggak kuat ama gaji yang kuajukan yah…. Padahal nggak besar-besar amat.

Akhirnya, kuterlenalah disini hahaha…
But, koq ndilalah beberapa waktu lalu ada teman yang cerita udah berkali-kali dipanggil di perusahaan yang keren abiz , trus pake ngompor-ngompori aku bahwa diriku harusnya bisa jadi ini dan itu…. Hah? Am I ? . Then daku mulai ‘terbangun’. Should i try? Akun jobs.db aja udah lupa, diemail-i nggak pernah kubuka.

Akhirnya aku pun buka akun di jobstreet. Sapa tahu ada perusahaan asing yang nyanthol. Sayangnya ampe sekarang nggak punya waktu buat creat cv-nya hehehe…. *niat gak se…

So gimana rasanya bekerja dengan orang india? Tumbar miri jahe deh pokoknya. Nano nano… 😀

Buat teman-temin lain yang mungkin bakal kerja ama mereka, berikut ini beberapa point yang perlu diperhatikan. Aku share dari hasil pengalaman teman-teman sekantor, yang kadang tidak berlaku buat aku.
Ingat, tidak semua berlaku. Serba tergantung, tergantung bos-nya gitu…

Satu. Cepat-cepat.
Baru aja ngasih tugas, eh belum apa-apa udah ditanyakan apa udah selesai

Dua. Semua urgent
Bagi anak baru pasti akan kalang kabut. Karena bos hobby banget ngasih tugas bertubi-tubi. Ditanya yang mana yang priority… “semua”, jawabnya.

Tiga. Yes sir.
Kebanyakan mereka lebih suka pekerja yang penurut. Ya iyaaa lah… sehingga sebagian orang klo dikasih tugas lebih aman-nya bilang “iya” aja dulu walaupun tidak mungkin, trus nggak dikerjain :D. Tapi ini tidak berlaku buat aku. Aku pasti bela-belain ngeyel klo nggak sesuai hati nurani!

Empat. Yes sir (lagi)
Dalam hal bos dapat perintah dari yang lebih atasnya lagi, jika A maka A. So, bagaimanapun turun kebawah harus jadi A.

Lima. Jebur sumur!
Hah, maksudnya?? Ini sih cerita teman mekanik. Ada koneksinya ama poin empat. Si teman dimarah-marahin karena nggak nurut. Si bos bilang segala sesuatu dilakukan dulu, baru nanti diketahui kendalanya. Dia mencontohkan jebur sumur, nggak boleh protes tapi langsung do it. Klo ada buayanya gimana? *jawab aja sendiri.

Enam. Harus innovative
Harus selalu ada sesuatu yang baru, prestasi baru untuk dilaporkan. So klo sudah berjalan rapi dan nggak ada yang perlu diubah-ubah lagi gimana? Ya gimana, namanya nggak ada inopatip donk? Tau lah.

Tujuh. Laaa… naa…
Emmhh… conversation mereka tuh suka ditambah-tambahi belakangnya dengan “laa” or “naa..”

Delapan. Aksen khas
Ya jelas lah logat mereka nggak kayak aksen barat, lha wong emang dari asia juga. Pas dulu wawancara pertama, terpaksa berkali kali bilang “pardon..?” Alias nggak ngeh ama yang diomongin. But, 6years now, udah hafal-fal ama dialeknya.

Sembilan. “ ada masalah?”
Mereka berusaha bisa bicara dalam bahasa. Klo jadi ob ditanyain “ ada masalah?” Jangan pura-pura jawab nggak. But, cek dulu ada nggak teh
di lemari. So, masala(h) = teh

Sepuluh. Geleng-geleng.
Geleng-geleng ama gerakan tangan melambai adalah sesuatu yang always seen. Kayak gitu kan di pelm?
Joke dari teman aku, di seluruh dunia geleng-geleng = no tapi klo mereka artinya yes. Maksudnya sih jangan cuman perhatikan gelengannya, biacaranya perhatikan dulu, yes apa no.

Sebelas. Dicokot alot.
Beberapa kawan mengambil strategi ini. Dicokot alot = digigit susah. Aplikasinya : klo disuruh begini mau, dipaksa ini mau, keterusan lho. Sekali berani menolak, pasti dia nggak bakalan nyokot lagi, apalagi mengunyah-ngunyah. Understand?

Ada yang mau nambah?

Comments (32) »

Ketel, God Save Me

Waktu itu aku masih anak baru di perusahaan ke-2 tempat aku kerja. 12 tahunan yang lalu….. Saat itu kantor mengadakan acara gathering di hotel kusuma agro, untuk semua staff. Menginap semalam . Ada beberapa acara disana. Dan sangat kuingat adalah saat pembagian door price. Hampir 80% anak-anak akunting dapat undian, termasuk aku. Senang sekali.

WISTLING CATTLE

Aku dapat sebuah ketel pemasak air. Ini sebagai kenang-kenangan yang masih kuingat dan kumanfaatkan sampai dengan sekarang.
Saat itu perusahaan lagi jaya, masih ada acara happy happy bersama. Then 5 tahun kemudian kami tercerai berai karena harus di PHK 😦

But Ketel, hari ini aku bersedih…. Masih gemetar jika kumengingat kejadian semalam. Syukur yang tak terhingga, Alhamdulillah Allah masih menyelamatkan aku, keluargaku, harta bendaku dari bahaya yang bisa saja terjadi. Allah benar-benar menyayangi kami. Sungguh ini menjadi peringatan.

Ketel, memang kamu terlihat masih kuat. Tapi maafkan aku sudah tidak bisa memakaimu kembali. Bau gosong yang melekat tidak akan bisa hilang. Aku akan segera membuangmu, maafkan aku.

Ketel, kejadian kemarin akan membuatku lebih berhati-hati lagi. Aku akan wajibkan mengecek dapur sebelum berangkat tidur, secapek apapun. Aku janji.

Comments (37) »

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati

LifeSchool by Bhayu M.H.

untuk Merayakan Hidup & Belajar dari Sekolah Kehidupan

RANGTALU

isinya biasa-biasa saja

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

J.U.R.N.A.L

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke - Rumah Kaca, 352