Archive for Uncategorized

SUDAH KERASAN NAK?

Kebetulan kakak Farid sudah di kelas dua Gontor saat ini. Alhamdulilah ya Robb… Mugi lancar.

Nah ini aku aku kopas Tips untuk ortu yg putra/putrinya sdg mondok :

Jangan Tanya
“SUDAH KERASAN NAK” ?

KENAPA ?
Ini penjelasannya …..
Jika jenguk atau telpon dengan putrinya yang sedang mondok, agar tidak perlu bertanya kerasan atau tidak, karena pertanyaan itu malah membuat hati anak menjadi bimbang dan terganggu fokusnya dengan perjuangannya dalam menuntut ilmu karena harus berpisah dari keluarga.

Lebih baik tanyakan tentang berapa dan dari mana saja temannya, kegiatannya apa dan bagaimana, harapan dan cita-citanya dari mondok itu apa, dan sejenisnya.

Kenapa?
Agar anak tetap fokus dan makin kuat niat belajar (mondok)nya.
Tak jarang bagi orang tua yang sedang memondokkan anaknya (karena belum tahu), akan menanyakan hal ini.

Benar memang, mondok itu tidak gampang alias berat.

Ada rasa rindu, ada rasa letih dan lelah, tidak bebas dan penuh aturan, ada kejemuan, dan seambrek ujian lainnya.

Tapi, semua itu akan mengokohkan hati dan cita-citanya. Akan mendidik mereka sehingga menjadi pribadi yang tangguh, mandiri dan bertanggungjawab.
Sedikit saja kita salah menyikapi hal itu, akan cukup menjadikan goncangan tambahan bagi perjuangan mereka.

Yakinlah …
Mereka akan baik-baik saja karena di sekitar dia adalah orang-orang baik dan Sholih, beriman. In syaa Allah

Yakinlah …
Bahwa mereka akan semakin berkembang dan mandiri serta tumbuh menjadi generasi yang dicintai.

Mereka butuh dukungan moril, doa dan senyum dari keluarganya.

Meski memang kadang mereka selalu menghitung jumlah uang saku yang dikirim kepadanya …
Wajar saja karena mereka masih anak-anak yang sedang berproses memahami banyak hal tentang kehidupan ini.

Semoga pertemuan dari perpisahan sementara ini penuh keberkahan diliputi oleh doa, harapan dan senyum kecintaan dan kebahagiaan, meski dibalik itu kita juga sedih berpisah dari mereka.

#lolosgontorhargamati

Advertisements

Leave a comment »

Parkiran Peda

Ee ngga terasa nih aku parkir di ‘sini’ udah Lima tahun lebih…. Seumuran kejadian kecelakaan misua.

Jadi tempat aku parkir ini sebenarnya tempat usaha rental mobil yang setiap hari nya ada mas mas yang nungguin atau tinggal. Nah pas kejadian itu, kan aku nggak lagi diantar, melainkan kudu bawa sepeda sendiri. Akhirnya ku melamar mas mas disini buat aku titipin motor.

Dan akhirnya ini jadi tempat resmi penjemputan shuttle kantor.

Alhamdulilah mas mas nya walaupun udah berganti beberapa kali, rata rata mereka semua baik baik. Sopan, selalu senang hati membantu, ramah…. Malah, aku sering nitip belanjaan kulakan ku klo pas kesulitan ngebawa nya.

Rejeki banget kaaan?

Leave a comment »

Bongkaran Tas

Beginilah hasil nyuntek daleman tas😂😂

Hahaha parah ya… tiap abis beli atau bayar bayar yang ada kembaliannya, langsung plung!!! Atawa, pas lagi nyari sesuatu misal minyak angin Trus ga ketemu juga, jadilah semua isi tas diaduk aduk … Bawa ke atas, atas ke bawah kiri kanan

Jadilah penampakan nya seperti begini adanya

Nggak setiap hari bisa merapikan isi tas, waktu udah pres banget untuk ini itu. Sampai rumah minimal Isyak lalu uprek uprek then nyicil ODOJ plus ceking ceking WA.. tidurnya jam 12an lalu bangun kesiangan… Hiks

Lalu, dengan tergopoh-gopoh berangkat kerja. Mana pake acara mampir beli buah iris lah, kadang sari dele, atau mungkin peyek … Tet sampai di meeting point shuttle kurang 5-10mnt ..

Trus? Ya itulah ga sempat bersihkan tas. Haiyyaaa… Alibi mah😚

Leave a comment »

Ke empat lagi?

ketemu lagi Ama pak dokter…. Momennya sekalian cek posisi IUD aku. Alhamdulillah masih pada tempatnya.

Cuman ya gitu klo haid suka prolog spotting nya kelamaan. Mana ini ramadhan lagi. Hiks ga enak klo ga jelas kaaan?

Dan, memang beberapa bulan ini siklus haid ku jadi pendek banget yang cuman bersih nya 2 Minggu doank makanya kudu diperiksa.

Malah kata pak dokter disuruh nambah yang ke empat. Biar IUD nya dilepas aja katanya, byiuh…. Masih 41 masih bisa, apalagi yang sebelumnya normal semua. Sapa tahu dapat cewek katanya. Biar nggak cantik sendirian.  What, baby lagi Dok? Noooo

Well…Insyaallah tidak ada keluhan lain, semoga memang begitu, semoga cuman perubahan hormonal aja karena usia.

Let’s see for next visit. Bismillah

Comments (2) »

Akibat odol odol

Keseruan malam ini…

Lha kok yang ketemu Mandiri yang saldo udah kupindahi. Mega sing digadang-gadang belum nongol. BRI masih kudu diurus karena ketelan kemarin. Mati gaya stadium tinggi😰

Beginilah cerita dua Minggu ini. Hihi

Leave a comment »

#ayomondok

SUATU PAGI DIKAMPUS ITB…

Q: “Pak, anaknya masuk ITB?”
A: “Iya pak, alhamdulillah… Anak bapak juga?”

Q: “Iya pak, anak sy sekolah di SMA FAVORIT di ######, masuk ITB tanpa test, saya sangat bangga dgn sekolah anak saya itu. Btw Anak Bapak dari SMA Favorit mana?”

A: “Anak sy dari Pesantren, dia 6 tahun tinggal di Pesantren dan alhamdulillah skr diterima di ITB tanpa test juga”

Q: “Lha emang ada orang pesantren bisa masuk PTN??? Bukannya orang pesantren hanya bisa kuliah agama kaya tafsir hadits gitu di UIN atau di Mesir???”

A: “Itulah bedanya anak pesantren dengan yg tdk pesantren, anak kami bisa masuk jurusan umum apa saja di PTN, sementara anak bapak hanya masuk jurusan umum dan ga bisa masuk jurusan tafsir hadits, kalopun bisa ditanggung anak bapak stress sebelum kuliah hehehe…”

Q: “Saya fikir pesantren hanya utk menjadikan anak jadi guru agama saja”

A: “Anak lulusan pesantren, bisa jadi apa saja, jadi guru, pengusaha, ilmuwan, dan profesional lainnya. Jadi seyogyanya tdk akan ada anak pesantren yg akan nganggur. Karna paling tidak dia bisa jadi imam di mushollanya dan guru ngaji dikampungnya. Kelak ia akan jd imam buat keluarganya dan bisa jadi wasilah pahala surga buat kedua orangtuanya karna keshalehan dan amal2nya. Anak bapak bisa ngaji?”

Q: “Anak saya blm bisa ngaji dan shalat. Waktunya habis buat les disekolahnya… (sedih”.

A: “Anak bapak mengusai berapa bahasa asing?”

Q: “Hanya bisa bahasa Indonesia. Kalo anak bapak?”

A: “Alhamdulillah anak sy fasih 2 bahasa asing mainatream, yaitu inggris dan arab”.

Q: “Oh… ternyata pesantren itu ga kuno ya pak, bahkan lbh baik dr sekolah favorit anak saya”.

A: “Alhamdulillah bapak sudah faham…”

Q: “Oya, bapak dari mana & kerja dimana?”
A: “Sy dari Bogor, alhamdulillah pernah bekerja diperusahaan migas multinasional lbh dari 12 tahun”.

Q: “Wah mantep sekali, dulu sekolah di SMA mana?”

A: “Saya alumni Pesantren…”

Q: “Oh… di Perusahaan Migas bagian Kerohanian Islam ya pak?, soalnya bapak kan dr pesantren”

A: “Alhamdulillah posisi akhir sy sebelum mundur jadi orang gajian adalah sbg Deputy Area Manager Perusahaan Migas Asing yg pegawainya asing juga”

Q: “Oh lulusan pesantren bisa kerja di migas juga yah?”

A: “Nah itulah lagi2 keunikan alumni pesantren…”

Q: “Owhhh….. (Diem tertunduk)”

#ayomondok

Leave a comment »

[Gontor Story] Mudif

Mudif tuh artinya sambang, atau menjenguk sang anak yang lagi mondok. .. ngerti istilah ini juga dari Grup walisantri. Untung buat orang tua jaman now, serba tersedia teknologi informasi. Ada WA, FB… Banyak grup walisantri yang bisa dijoin. Jadi ga ketinggalan informasi.

Mudif=makan , he-he-he…

Iya begitulah rata rata, pasti Walsan yang mudif selalu acaranya seragam, makan bareng. Trus si anak akan membawa beberapa temennya nimbrung. Dan sengaja Walsan memang menyediakan makanan lebih untuk menjamu beberapa teman yang dibawa.

Biasanya, kayak jadi kebiasaan, kalau si santri pernah dijamu siapa gtu, maka pas dimudif ortunya maka si teman tadi akan diajak Maem bareng sama keluarga yang jenguk. Dan yang penting lagi, si anak yang diajak bisa pinjam HP buat nelpon masing masing ortu.

Itu poto diatas ada si Hanif dari Gresik teman sesama SiGor, 2 Minggu kemarin aku nitip uang ke ortunya buat bayar perpulangan.. Ada si Zuhdi juga dari Johor Malaysia, dia nggak pernah dimudif, maklum jauh kaaaan. Suami sering WA an Ama kakeknya, kita kenal pas pengumuman.

Nah Jumat kemarin kebetulan pas tanggal merah, bisa dipastikan pasti di pondok lagi super ramai. Beneran, full parkiran dengan mobil mobil Walsan. Tapi seneng banget, berasa kayak suasana ramainya pas momen pengumuman Juli tahun lalu.

Leave a comment »

TIME TO SHARE

Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin.... malah akan membuat kita makin kaya

shiq4.wordpress.com/

Blognya Penulis Artikel Freelance

Anggreani Sitopu

Virtual Diary

Fokus Today

Sorotan Berita Terhangat

Konten keren

Inspirasi - Informasi - Edukasi - Motivasi

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a