Posts tagged Minuman

Es Janggelan

Es yang satu ini adalah es yang paling lama aku kenal. Dibanding jenis es lain-lainnya macam Es Campur , Es Krim , apalagi Es Oyen. Dulu waktu masih kecil, kalo habis pulang sekolah gitu, biasanya bawa gelas ke warung buat beli Es Janggel ini. Di kampong mah jualnya Es yang murah-murah. Level Es campur gitu biasanya sih harus ke pasar dulu (baca : pusat kota). Jangan harap ada warung jual Krim di kampung-kampungjaman dulu. Sekarang mah dimana-mana, belum yang lewat-lewat… Teeer re reeet… te re re re re reeeetttt…… *jinggel pedelpop

Sebenarnya nggak ada rencana bikin minuman ini. Gara-gara ‘resah’ ngelihat gula yang kapan dibeli dari warung lha koq ternyata warnanya coklat mbulak. Kempel sisan. Trus ada beberapa semut besar didalamnya. Dibuang? Ah sayang banget, satu kilo ee…. So, aku akali dimasak aja ntar disimpan di kulkas. Pas memasaknya, timbul ide sekalian dicampur gula bathok ( gula kelapa yang dipadatkan). Berarti cocoknya mah buat janggelan aja.

Maksud hati beli janggelannya kapan-kapan aja. Yang penting gula cair disimpan, trus berangkat jalan-jalan ke Surabaya. Ee, lha koq para krucils lebih tertarik mainan ama teman-temannya sekalian PS-an di depan. Susah deh sekarang ngajak anak-anak jalan. Udah punya ‘komunitas’ sendiri itu loh… ya masak berduaan jalan sendiri ama misua, kasian juga kan kalo ditinggal.

Dari pada – dari pada di rumah doank, yaudah ke pasar aja beli Janggelan sekarang sekalian beli beberapa bahan kue. Buat persiapan jika ada ide dan semangat mendadak buat aneka creativity. Daaan seperti biasa juga, ada aja yang lain-lain nggak terencana ikutan dibeli.

So, ini dia Es Janggelan gula jawa. Minuman jadul yang tetap mempesonaku. Dengan bikin sendiri, gulanya kita yakin gula aseli! katanya sih bagus buat adem-ademan, plus bagi yang sedang haid katanya pula tuh, bisa bikin lancar keluarnya.

100_6345 100_6344
Happy Sunday…..

Advertisements

Comments (47) »

shiq4.wordpress.com/

Blognya Penulis Artikel Freelance

Anggreani Sitopu

Virtual Diary

Fokus Today

Sorotan Berita Terhangat

Konten keren

Inspirasi - Informasi - Edukasi - Motivasi

VIENHA

Berusahalah untuk lebih baik,,tapi jangan berfikir dirimu sudah baik.

My Journey, My Story, and My Dream

Try to tell and write the story

threspuspa

Just another WordPress.com site

drmaharanibayu

Dokter Laktasi

BREASTFEEDING & CHILD HEALTH

Informasi Berbasis Bukti Tentang ASI, Menyusui & Kesehatan Anak

Erit Kantoni's Blog

Blog Tentang Software Ponsel Android|Misteri Dunia|Humor|Informasi|Berbagai Kategori Lainnya!

tqar.wordpress.com/

ads here were not made by admin, be wise

faziazen

a Journal of MomPreneur

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

kalkunqita

A topnotch WordPress.com site

Akhmad Muhaimin Azzet

mari bersama menggapai ridha-Nya

miartmiaw

the way you look at me_a

Cerita-cerita indah penuh hikmaH

Cerita2 Indah Yang Menggetarkan Hati